Road to Election

Sudah Bersihkan Alat Peraga Kampanye, ini Permintaan Timses Khofifah-Emil ke Bawaslu Jatim

Timses Khofifah-Emil memastikan semua alat peraga yang pernah mereka pasang telah dicopot. Sekarang, ini permintaan mereka ke Bawaslu Jatim

Sudah Bersihkan Alat Peraga Kampanye, ini Permintaan Timses Khofifah-Emil ke Bawaslu Jatim
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahroh
Cagub dan Cawagub Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menunjukkan penetapan nomor urut 1 dari KPU saat di Hotel Mercure, Selasa (13/2/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Imbauan dan peringatan Bawaslu pada tim sukses pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur agar segera membersihkan seluruh alat peraga dan bahan kampanye, disanggupi oleh tim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Sebagaimana disampaikan oleh Renville Antonio, selaku sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, pihaknya mengaku bahwa semua alat peraga kampanye sudah disterilkan dan dibersihkan.

"Kami sudah meminta para relawan kami untuk mencabut semuanya. Agar alat peraga yang ada foto paslon untuk diturunkan," kata Renville saat diwawancara di Hotel Mercure, Selasa (13/2/2018).

Sebaliknya, tim Khofifah Emil justru meminta agar Bawaslu memperhatikan iklan layanan masyarakat yang dimungkinkan pernah dipasang dengan menggunakan foto pasangan calon.

"Justru kami meminta Bawaslu untuk memperhatikan atribut-atribut yang merupakan iklan layanan masyarakat. Mulai iklan pajak, iklan pajak kendaraan bermotor, iklan layanan kesehatan, pertanian, semua harus sudah diturunkan," kata Renville.

Sebab, ia melanjutkan, berdasarkan PKPU No 4 tahun 2017 pasal 70, semua iklan yang memuat foto pasangan calon harus diturunkan.

Dan itu, disebutkan Renville, bukan tugas timses, melainkan tugas dari Bawaslu bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

"Semua yang ada fotonya paslon harus diturunkan per hari ini. Sampai tanggal 15 Februari sudah harus bersih. Karena tanggal 15 sudah mulai masuk kampanye," tegas Renville.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Timur Aang Kunaifi meminta pada seluruh pasangan calon, dan juga simpatisan untuk membersihkan semua alat peraga yang masih terpasang di tempat umum.

Sebab sejak adanya penetapan pasangan calon, maka semua pasangan calon sudah terikat dengan aturan KPU. Dimana sebelum masa kampanye, maka pasangan calon dilarang untuk melakukan tindakan yang berbau kampanye.

"Terkait atribut kampanye, bahan kampanye, kami sudah meminta agar KPU dan juga pasangan calon agar malam ini kami minta KPU dan Satpol PP untuk menertibkan. Sehingga tanggal 14, besok, semua sudah steril," tegas Aang.

Baik yang dipasang di jalan jalan protokoler, di pedesaan maupun di seluruh wilayah yang dipasang poster, spanduk, dan baliho yang memuat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved