Surya/

Berita Sidoarjo

KPU Batal Sediakan Tempat Pemungutan Suara di Pengungsian Syiah di Sidoarjo

KPU batal menyediakan tempat pemungutan suara di lokasi pengungsian Syiah Sampang di Sidoarjo. Ini alasannya...

KPU Batal Sediakan Tempat Pemungutan Suara di Pengungsian Syiah di Sidoarjo
surya/m taufik
Lokasi pengungsian warga Syiah Sampang di Rusun Pusat Pasar Agrobisnis (Puspa Agro), Jemundo, Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO – Rencana KPU membuat TPS di rumah susun (rusun) Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo, tempat tinggal para pengungsi syiah Sampang, gagal.

Sebab, [ara pengungsi dijadwalkan melakukan pencoblosan dalam Pilgub Jatim mendatang di kampung halaman mereka, di Sampang, Madura.

Menurut Ketua KPU Sidoarjo, Muhammad Zaenal, pihaknya batal membuat TPS di tempat pengungsian itu setelah berkordinasi dengan KPU pusat.

Dalam hal ini, KPU pusat memerintahkan agar KPUD Sidoarjo dan KPUD Sampang bekerjasama supaya para pengungsi tersebut bisa menggunakan hak suara mereka di tempat asal, yakni di Kabupaten Sampang.

“Dari hasil rapat bersama KPU pusat dan KPU Jatim, sudah diputuskan tidak ada TPS khusus untuk pengungsi syiah di Rusun Puspa Agro, seperti dalam Pilpres dan Pileg sebelumnya,” ungkap Zaenal, Rabu (14/2/2018).

“Sesuai perintah KPU RI, para pengungsi itu akan difasilitasi oleh KPUD Sampang dengan cara dijemput, kemudian mereka diantar ke Sampang untuk menggunakan hak politik mereka di sana," sambung dia.

Sejauh ini, dari data yang ada di KPU Sidoarjo, jumlah pengungsi asal Sampang yang memiliki hak suara dalam Pilgub Jatim mendatang ada 210 orang. Namun, data itu masih perlu dilakukan coklit untuk memastikan kebenarannya lagi sebelum Pilkada digelar.

“Kan kemungkinan ada yang bertambah usianya, sebelumnya belum punya hak pilih dan sekarang sudah. Atau bisa juga berkurang. Tetap perlu verifikasi,” tandas Zaenal.

Setelah ini, masih kata Zaenal, KPU Sampang bakal melakukan coklit atau verifikasi lagi ke tempat pengungsian tersebut bersama petugas dari KPU Sidoarjo.

Sebelumnya, beberapa persiapan untuk membuat TPS di lokasi itu sudah dipersiapkan oleh KPU Sidoarjo.

Bahkan sempat direncanakan akan dibuat dua TPS di sana, karena warga yang tinggal di tempat pengungsian itu berasal dari dua kecamatan. Tujuannya, untuk memudahkan proses dan perhitungannya.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help