Grahadi

Kesehatan

Bude Karwo Ajak Wanita Perbankan Cegah Kanker dengan Hidup Sehat

Istri gubernur Jatim, Bude Karwo, mengajak semua perempuan termasuk yang berkarir di perbankan untuk menghindari kanker dengan pola hidup sehat.

Bude Karwo Ajak Wanita Perbankan Cegah Kanker dengan Hidup Sehat
ist/humas pemprov jatim
Bude Karwo menerima karangan bunga dari penari Remo dalam acara pembukaan pertemuan Ikatan Wanita Perbankan (Iwaba) Gerbang Kertosusiladi, di Gedung Bank Jatim, Jl Basuki Rachmad, Surabaya, Rabu (14/2). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dra Hj Nina Soekarwo MSi yang merupakan istri Gubernur Jatim Dr H Soekarwo, mengajak semua masyarakat, termasuk wanita yang berkarir di dunia perbankan untuk membiasakan hidup sehat agar terhindar dari penyakit kanker.

Salah satu caranya dengan berperilaku hidup bersih yang dimulai dari diri sendiri.

Demikian disampaikannya pada acara Pertemuan Rutin IkatanWanita Perbankan (IWABA) Gerbang Kertosusila yang bertemakan Selamatkan Wanita Jawa Timur dari Ancaman Kanker, di Gedung Bank Jatim, Jl Basuki Rachmad, Surabaya, Rabu (14/2/2018).

Menurutnya, kanker merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyerang semua masyarakat. Kunci agar terhindar dari kanker adalah berperilaku hidup sehat.

Selain itu juga selalu melakukan medical check up secara rutin agar apabila diketahui ditemukan kanker bisa dilakukan penanganan sejak dini. Sebab, sebagian besar penderita kanker, baru berobat ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

“Semua wanita harus semangat bahwa kanker bisa disembuhkan apabila memahami karakternya, dan ditindaklanjuti dengan melakukan pengobatan,” tutur Bude Karwo, sapaan akrab istri Gubernur Jatim ini.

Dijelaskan, menurut survei tahun 2016, setiap harinya ada 26 wanita di Indonesia yang meninggal dunia karena kanker, khususnya kanker serviks. Apabila dirata-rata, setiap jam ada 1 orang yang meninggal. Sedangkan menurut data WHO, ada 1 wanita yang meninggal tiap 2 menit di seluruh dunia.

“Hal ini menjadi sesuatu yang mengerikan. Oleh sebab itu, perlu peran dan kesadaran semua masyarakat untuk antisipasi terhadap kanker mengingat bahayanya bagi kehidupan,” ujarnya.

Bude Karwo yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Jatim ini menjelaskan, YKI maupun Pemprov Jatim tidak pernah berhenti menyosialisasikan tentang efek dan penanganan kanker di seluruh kabupaten dan kota di Jatim.

“YKI Cabang Jatim memiliki rumah singgah bagi para penderita kanker. Sekitar 70 persen penderitanya sudah dalam kondisi stadium lanjut. Peran kami adalah melakukan pendampingan agar terus memiliki semangat hidup,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help