Berita Sidoarjo

Tak ada Insentif untuk Petugas yang Melayani Uji Kir Malam Hari

Sejumlah persiapan terus dilakukan Dishub Sidoarjo menjelang uji coba pelayanan uji kir hingga malam hari yang bakal dimulai, Rabu (14/2/2018).

Tak ada Insentif untuk Petugas yang Melayani Uji Kir Malam Hari
SURYAOnline/M Taufik
UJI KIR: Proses uji kir di Dishub Sidoarjo, Senin (12/2/2018). Mulai Rabu besok, layanan uji kir akan diperpanjang sampai pukul 22.00 WIB. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sejumlah persiapan terus dilakukan Dishub Sidoarjo menjelang uji coba pelayanan uji kir hingga malam hari yang bakal dimulai, Rabu (14/2/2018).

Persiapan-persiapan itu, diantaranya terkait petugas yang melakukan pelayanan. "Selama ini kan tidak ada petugas yang bertugas di malam hari. Jadi, perlu kami rumuskan lebih detail soal itu," ungkap Kepala Dishub Sidoarjo M Bahrul Amig, Selasa (13/2/2018).

"Untuk sementara kerjabakti dulu lah, sekedar makan malam saja demi perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Belum ada insentif atau skema pendapatan khusus bagi petugas yang melayani malam hari. Pelan-pelan selama uji coba kita evaluasi terkait itu," sambung Amig.

Karena layanan malam ini sama persis dengan pelayanan pada siang hari, berarti butuh 13 pegawai di bidang pengujian. Dalam pelaksanaan uji coba pelayanan malam nanti, 13 orang itu mendapat tugas baru, melayani uji kir pukul 19.00 sampai 22.00 WIB.

"Dan terkait SDM, persiapannya sudah tuntas. Tinggal pelaksanaan uji coba saja mulai Rabu malam besok," tandas Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo tersebut.

Terkait sarana dan prasarana, disebutnya persiapan juga sudah tuntas. Hari ini lampu-lampu penerangan di halaman tempat antrean kendaraan maupun di dalam gedung uji kir, semua telah terpasang dan siap dimanfaatkan.

Sedangkan peralatan uji kir, memanfaatkan yang sudah ada. Karena perbedaan hanya siang dan malam, sehingga tambahan lampu penerangan sudah cukup untuk menjalankan uji coba pelayanan uji kir malam hari.

"Prinsipnya sudah siap semua. Sarana, petugas layanan, tenaga teknis dan pendukung juga siap. Layanan malam ini formatnya sama persis dengan layanan siang seperti biasanya," tandas dia.

Di sisi lain, sosialisasi juga terus dilakukan. Diantaranya dengan memberitahu langsung ke pengguna jasa yang list-nya sudah ada di Dishub. Mereka diberitahu terkait layanan baru ini, dan diharap akan memanfaatkannya.

"Selama proses ujicoba nanti, perilaku customer juga akan menjadi evaluasi. Seberapa besar minat mereka dan bagaimana respon terkait layanan malam, bakal menjadi perhatian kami untuk perbaikan layanan," sebut Amig.

Layanan uji kir malam hari oleh Dishub Sidoarjo punya beberapa alasan. Selain untuk meningkatkan layanan di sana, tujuan utama lainnya adalah mengurangi antrean di halaman Dishub yang selama ini kerap menjadi penyebab kemacetan di Jalan Candi, Sidoarjo.

Penulis: M Taufik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved