Citizen Reporter

Pelukan Ini Hanya untuk Dia

Pelukan yang satu ini benar-benar meluluhkan hati. Setelah cemas menghadapi situasi, akhirnya bisa juga memberi pelukan hangat.

Pelukan Ini Hanya untuk Dia
ist

Perempuan dengan kerudung merah dengan sigap memeluk putra kecilnya dari belakang, seraya membelai lembut rambutnya. Acara siang itu baru saja dimulai, namun kecemasan sudah mulai tampak sejak para peserta cilik itu memasuki ruangan

Taman Baca RW 04 Kemayoran, Surabaya, Sabtu (10/2/2018), dipenuhi riuh rendah celotehan anak-anak yang sesekali berlarian sambil mencuri pandang ke sudut ruangan. Terdapat beberapa benda yang dibungkus cantik menggunakan kertas kado warna-warni layaknya hadiah di pesta ulang tahun.

Rupanya rasa penasaran akan hadiah apa saja yang disiapkan sudah tidak dapat dibendung.

Beberapa anak memilih enggan beranjak dari pelukan ibunya, terlihat malu-malu. Namun, kedatangan Hanik, pendongeng yang membawakan cerita tentang Sekolah Peri mampu membawa mereka larut dalam suasana hangat penuh keakraban. Mereka ikut bernyanyi bersama pendongeng yang sering disapa Kak Hanik itu sambil sesekali tertawa ceria.

Sementara sang buah hati asyik mendengarkan dongeng, para ibu beralih ke sisi utara ruangan untuk mengikuti parenting tips.Tema yang dibahas saat itu mengenai manfaat mewarnai untuk mengasah motorik halus anak.

Banyak ibu yang belum mengetahui pentingnya membiasakan buah hati untuk mulai akrab dengan crayon atau pensil warna sejak dini. Coretan pada saat golden old merupakan ekspresi kreativitas buah hati di tahap pertama yang menstimulasi kemampuan menulis. Rupanya dari akivitas mewarnai pun berkolerasi dengan literasi.

Lomba mewarnai pun dimulai. Berbeda dengan lomba mewarnai pada umumnya, kali ini para ibu diimbau bekerja sama dengan buah hati untuk membubuhkan warna pada objek gambar yang disediakan. Hal itu untuk mengenalkan tentang posisi ibu yang tidak hanya berperan sebagai pelindung melainkan juga sebagai partner bagi si kecil.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba dan selebrasi Hari Kasih Sayang dengan memeluk ibu. Senyum dan haru terlihat jelas di wajah ibu dan anak yang hadir.

Sederhana memang, hanya lomba mewarnai di tengah hiruk pikuk pasar sekitar lokasi. Namun, antusiasme serta kekompakan ibu dan anak inilah yang menjadikannya layak untuk dikenang menjadi memori berharga bagi buah hati kelak.

Aktivitas seru mulai dari mendengarkan dongeng, lomba-lomba edukatif untuk ibu dan anak, hingga parenting tips dapat dijumpai dua kali dalam sebulan di seluruh Taman Bacaan Masyarakat Surabaya. Ayo merapat ke TBM terdekat.

Nurul Fitria
Pegiat Literasi Kecamatan Krembangan Surabaya

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help