Berita Pendidikan Surabaya

Mahasiswa Unusa Ubah Kolang Kaling Jadi Biskuit Kaya Kalsium

5 Mahasiswa UNUSA berhasil mengubah kolang-kaling menjadi biskuit kaya gizi yang mereka beri nama Bikoling.

Mahasiswa Unusa Ubah Kolang Kaling Jadi Biskuit Kaya Kalsium
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Mahasiswa S1 Gizi Fakultas Kesehatan dan D3 kebidanan Fakultas Keperawatan dan kebidanan (FKK) Unusa. Ika Maya Megawati, Shofia Rizkyanti, Siti Khunainatul Muarofah, Imam Sholichin dan Eka Zulfiana Yussyifa menujukkan cemilan kaya kalsium berbahankolang kaling karya mereka yang diberi nama Bikoling. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Bikoling atau biskuit Kolang-kaling akhir-akhir ini menjadi camilan sehat yang cukup populer.

Dipromosikan lewat media sosial, membuat camilan yang dibuat oleh 5 mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini kondang hingga berbagai wilayah di Jatim.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Ika Maya Megawati Putri (21), Shofia Rizkyanti (21), dan Siti Khunainatul Muarofah (21) dari prodi D3 Kebidanan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, serta Imam Sholichin (21) dan Eka Zulfiana Yussyifa (19) dari prodi S1 Gizi Fakultas Kesehatan. 

Ika mengungkapkan, mereka memilih kolang kaling sebagai camilan karena kaya kalsium dan baik untuk segala usia. Mulai balita hingga dewasa bisa mengkonsumsi biskuit yang dikemas dalam kaleng ini.

"Kolang kaling adalah salah satu bentuk tumbuhan yang kaya akan kalsium yang belum diketahui khasiatnya oleh banyak masyarakat," jelas Ika ketika ditemui SURYA.co.id, Selasa (13/2/2018).

Ditambahkan Imam, untuk bayi, Bikoling bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan tulang. Teksturnya yang renyah juga bisa membantu melatih kekuatan gigi anak.

Bagi usia remaja, dapat digunakan sebagai program diet sebab terdapat kandungan rendah kalori yang menyebabkan ketahanan kenyang lebih lama.

Sedangkan bagi orang dewasa, bisa sebagai asupan kalsium sehingga tidak cepat keropos tulang dan keriput.

"Dengan mengkonsumsi Bikoling setiap hari dapat mengurangi berat badan hingga satu sampai tiga kg dalam satu bulan," katanya. 

Sementara itu, Naina, sapaan Siti Khunainatul menambahkan pembuatan Bikoling butuh berbagai bahan layaknya pembuatan biskuit.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved