Surya/

Berita Surabaya

UK Petra Bangga! Seorang Dosennya Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Dongseo University Korsel

Kebanggan bagi UK Petra Surabaya! Sebab, seorang dosennya mendapat gelar doktor Honoris Causa dari kampus bergengsi di Korea Selatan.

UK Petra Bangga! Seorang Dosennya Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Dongseo University Korsel
ist
Prof Rolly Intan (dua dari kiri) yang memperoleh Doctor Honoris Causa di bidang Business Administration dari Dongseo University (DSU), Busan-Korea Selatan pekan lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Gelar kehormatan Doctor Honoris Causa (Dr HC) kerap diberikan perguruan tinggi untuk tokoh penting bagi kampusnya. Jika banyak perguruan tinggi negeri (PTN) memberikan gelar Dr HC pada sejumlah pejabat negara, kini malah dosen Universitas Kristen Petra (UK Petra), Prof Rolly Intan yang memperoleh Doctor Honoris Causa di bidang Business Administration dari Dongseo University (DSU), Busan-Korea Selatan pekan lalu.

Penganugerahan pada Rektor UK Petra Surabaya periode 2009-2017 ini dilakukan bersamaan dengan upacara pelepasan wisudawan mulai bachelor degree (sarjana), master degree (Magister) hingga doctoral degree (Doktor) Dongseo University, Busan-Korea Selatan.

“Saya merasa sangat terhormat atas capaian yang baru saja saya dapatkan. Sejujurnya saya merasa kaget tidak menduga akan menerima penghargaan ini. Mereka menilai saya layak mendapatkan gelar ini khususnya di bidang leadership dan manajemen,” ungkapnya ketika dihubungi SURYA.co.id, Senin (12/2/2018).

Pemberian gelar kehormatan ini diberikan langsung oleh Presiden DSU, Jekuk Chang bersama dengan Dean of Graduate School, Jonghae Kim, di dalam gedung kampus DSU, Busan, Korea Selatan.

Prof Rolly mengungkapkan, sama halnya dengan di Indonesia, pemberian gelar Doctor Honoris Causa ini dapat diberikan pada seseorang bila telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

“Saya yakin ke depan UK Petra yang kini dipimpin oleh Prof Djwantoro Hardjito, akan terus melanjutkan kerjasama dengan DSU semakin intens dan bermanfaat bagi pengembangan pendidikan tinggi di Asia, khususnya kedua universitas. Support DSU sungguh besar pada beberapa program yang telah dilakukan secara bersama dengan Universitas Kristen Petra,” ungkap pria yang juga seorang dosen di Program Studi Informatika UK Petra.

Dihubungi secara terpisah, President DSU mengungkapkan alasannya memberikan gelar penghormatan pada Prof Rolly Intan. Kerjasama DSU selama kepemimpinan Prof Rolly dirasa cukup mampu menunjukkan sumbangsihnya pada dunia pendidikan di UK Petra dan DSU.

“Kami menganggap bahwa kiprah Rolly Intan saat menjadi rektor sangat besar. Kepemimpinannya yang luar biasa sekaligus berkontribusi yang besar dalam internasionalisasi dan pengembangan pendidikan tinggi di regional di Asia,” urai Jekuk Chang.

Ia menjelaskan, Kota Surabaya telah mengembangkan kerjasama kota kembar atau sering disebut dengan sister city dengan Busan, Korea Selatan sejak tahun 1996. Semenjak itulah hubungan aktif antara UK Petra dengan DSU, Korea Selatan terjalin hingga saat ini. Berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat pun telah dilakukan secara bersama.

Rektor UK Petra, Prof Djwantoro Hardjito yang turut hadir dalam penganugerahan ini mengungkapkan kegembiraannya.

“Prestasi Prof Rolly benar-benar membuat keluarga besar Universitas Kristen Petra berbangga. Kolaborasi aktif dengan Dong Seo University di berbagai bidang ini amat penting untuk untuk terus dikembangkan, terlebih di masa Revolusi Industri 4.0, yang menghadapkan kita pada banyak tantangan dan sekaligus peluang,”kesan Prof Djwantoro.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help