Road to Election

Bawaslu Ingatkan Dua Pasangan Calon di Pilgub Jatim 2018 Tahan Diri Sebelum Masa Kampanye

Sesuai Undang-undang dan KPU pihaknya juga akan melakukan pengecekan terkait alat peraga kampanye yang tak sesuai aturan.

Bawaslu Ingatkan Dua Pasangan Calon di Pilgub Jatim 2018 Tahan Diri Sebelum Masa Kampanye
surya/pipit maulidiya
Suasana rapat penentuan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilgub Jatim 2018 di kantor KPU Jatim, Senin (12/2/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawsalu) Jawa Timur ikut serta mengawasi rapat penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018, di Kantor KPU, Senin (12/2/2018).

Dalam penetapannya, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno lolos persyaratan dan dinyatakan resmi menjadi pasangan calon di Pilgub Jatim 2018.

Usai mengikuti jalannya rapat, M. Amin, Ketua Bawaslu Jatim menitipkan pesan kepada kedua tim agar tidak melaksanakan kegiatan yang mengarah atau mengandung unsur kampanye di dalamnya, sebelum masuk tahap masa kampanye.

"Sejak ditetapkan sebagai pasangan calon, mereka dikenakan beberapa kewajiban, larangan, wewenang dan hak sesuai undang-undang yang ada. Untuk itu kita harap kedua pasangan calon terutama menjelang masa kampanye tanggal 15 Februari ini sama-sama menjaga, menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan yang diasumsikan kegiatan kampanye," terangnya.

Jika dijumpai hal tersebut, masyarakat dihimbau untuk melaporkan dan Bawaslu akan segera melakukan tindak lanjut.

"Pelanggaran itu misalnya kampanye di luar jadwal, masuk pidana pemilu, akan ada banyak sanksi yang mengiringi tindakan, bagi yang melanggar," tegasnya.

M. Amin menambahkan sesuai Undang-undang dan KPU pihaknya juga akan melakukan pengecekan terkait alat peraga kampanye yang tak sesuai aturan.

"Setelah ini kami akan berkordinasi dengan kedua tim pasangan calon. Secara teknik penertibannya akan kami tetapkan setelah rapat," pungkasnya.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help