Surya/

Berita Banyuwangi

Ribuan Warga dan Wisatawan Berbaur Jadi Satu di Lider Adventure Festival di Banyuwangi

Ribuan warga dan wisatawan membaur jadi satu dalam atraksi bertajuk Lider Adventure Festival di Banyuwangi. Bagaimana suasananya?

Ribuan Warga dan Wisatawan Berbaur Jadi Satu di Lider Adventure Festival di Banyuwangi
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Para peserta Lider Adventure Festival di Kabupaten Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Keseruan atraksi wisata kembali digelar di Banyuwangi, Minggu (11/2), dengan menyusuri sungai, hutan pinus, hingga air terjun.

Sebanyak 1.500 warga dan wisatawan membaur jadi satu dalam atraksi bertajuk Lider Adventure Festival. Lider adalah nama air terjun yang sedang naik daun menjadi salah satu destinasi favorit di Banyuwangi.

Ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah, seperti Bali, Jember, Malang, Surabaya, dan Jakarta, berangkat dari Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, lalu menyusuri trek sepanjang 4,8 km dengan rute menantang menuju air terjun.

Mereka menyusuri tebing curam, menyeberang sungai, dan menembus hutan pinus. Para peserta diberangkatkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Anas mengatakan, festival ini digelar untuk mengenalkan destinasi wisata air terjun Lider, yang terletak di lereng Gunung Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

Lider merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, dan terjunan air 60 meter.

"Festival petualangan ini menjadi salah satu segmen yang digarap dalam pemasaran pariwisata Banyuwangi. Peserta diajak menyusuri rute yang menantang dengan pemandangan alam menawan dan udara yang sejuk," kata Anas.

Festival untuk semakin mengangkat nama Air Terjun Lider ini juga merupakan upaya pemerintah daerah memperkuat destinasi-destinasi yang dikelola kelompok masyarakat secara langsung.

“Sehingga jika ke depan tempat ini semakin ramai, yang diuntungkan masyarakat sendiri. Inilah konsep pariwisata berbasis masyarakat,” papar Anas.

Air Terjun Lider menawarkan pemandangan yang elok, air menyegarkan, dan udara sejuk. Ada satu air terjun utama, dan 4 air terjun kecil di sisi kanan-kirinya. Keelokan tempat ini semakin sempurna dengan dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata yang menggantung di antara dua jurang yang mengimpitnya.

"Air terjun Lider ini kita golongkan sebagai wisata minat khusus, karena rutenya yang cukup menantang. Namun kalau sudah sampai di lokasi, segala kepenatan bakal terbayar. Sangat pas untuk traveler yang suka petualangan," kata bupati empat tahun itu.

Di Kecamatan Songgon terdapat lima air terjun. Selain Lider, ada Air Terjun Telunjuk Raung, Kembar Arum, Selendang Arum, dan Giri Asih.

Di kawasan ini juga dikembangkan wisata arung jeram Sungai Badeng, wisata rumah pohon di hutan pinus, dan villa berkonsep alam yang unik.

Tahun ini, kata Anas, Banyuwangi menggeber banyak program festival bernuansa petualangan alam. Misalnya, Ijen Green Run, kompetisi internasional BMX, dan festival olahraga air.

“Model-model seperti itu cocok dengan potensi alam Banyuwangi, dan sekaligus penggemarnya cukup besar sehingga potensi mendatangkan wisatawan juga terbuka lebar,” kata Anas. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help