Citizen Reporter

Susu Pastikan Lebih Legit

Jangan pergi dulu sebelum mencoba yang satu ini. Tidak ada yang istimewa sebelum ditambah susu. Susu berperan menjadikan legit.

Susu Pastikan Lebih Legit
ist

Berbincang tentang kuliner nikmat di daerah, Kampung Inggris, Pare, Kediri memiliki sederet makanan andalan yang siap memanjakan para pelajar kursus. Salah satu penganan khas Pare yang menarik perhatian adalah ketan susu atau dikenal dengan tansu.

Kuliner yang satu ini bukanlah makanan mewah. Itu hanya terbuat dari nasi ketan putih lalu diberi parutan kelapa, toping susu, bubuk kedelai, atau keduanya. Ketan susu ini kering.

Untuk menambah kelezatannya, susu kental manis dibubuhkan di atasnya sebagai tambahan toping yang jika dimakan menjadikan ketan manis dan legit di mulut. Walaupun kelihatan sederhana, tetapi kenikmatan ketan susu tiada tara.

Lokasi yang paling terkenal kuliner ketan susunya adalah Warket (Warung Ketan) Bu Amik yang berlokasi di Jalan Pancawarna 7, Kampung Inggris, Pare. Warket ini tidak buka hingga larut malam.

Warket buka sedari pukul 06.00 hingga maghrib. Meskipun warungnya sangat sederhana, namun tidak pernah lekang dari pengunjung setiap hari. Harganya yang murah dan rasa ketannya yang lezat membuat warung ini menjadi pilihan.

Dengan Rp 3.000, pembeli sudah bisa menikmati satu porsi nasi ketan susu hangat. Itu tentu harga yang sangat ekonomis untuk kantong para pelajar kursus di sana. Selain menjual penganan ketan, warung ini juga menjajakan aneka penganan dan minuman.

Lokasinya yang sangat strategis dan bisa dijangkau dengan bersepeda membuat warket ini menjadi tempat para pelajar kursus untuk mengerjakan tugas bareng, diskusi, atau sekadar nongkrong. Lokasinya di dekat pematang sawah dan menjanjikan kenyamanan.

Banyak pelajar kursus berasal dari kota besar, sehingga senang dan puas nongkrong sambil menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Setelah menempuh jadwal kursus yang padat, mereka bisa beristirahat di sana.

Banyaknya para pelajar kursus yang datang ke Pare membuat Warket Bu Amik kebanjiran pelanggan. Setiap hari warung sederhana itu menghabiskan sekitar 45 kg ketan untuk melayani 300-400 pelanggan, bahkan jika akhir pekan tiba bisa mencapai 500 pelanggan.

Sebelum meninggalkan Pare, tidak afdal jika belum bersinggah ke Warket Bu Amik untuk menikmati lezatnya ketan susu.

Eka Sutarmi
Tutor di Al-Azhar English Academy, Kampung Inggris, Pare

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help