Citizen Reporter

Ngopi Romantis di Celah Bukit

Nyelempit di tebing justru membuat kedai kopi Pak Rohmat dicari. Dia juga menyediakan diri sebagai guide kebun kopi.

Ngopi Romantis di Celah Bukit
ist

Perbukitan Menoreh yang berada di barat Yogyakarta tak hanya terkenal akan kebun tehnya. Daerah itu juga menyimpan cengkeh, kakao, salak, durian, dan kopi.

Ada satu lokasi yang menyimpan kenikmatan tersembunyi. Itu hanya kopi'>kedai kopi, tetapi suasananya benar-benar istimewa. Tempatnya tidak jauh dari objek wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo dan Puncak Suroloyo yang merupakan salah satu puncak tertinggi di perbukitan Menoreh.

Berlokasi di area Menoreh di Dusun Madigondo, Samigaluh, Kulon Progro, kopi'>kedai kopi itu menyuguhkan pemandangan perbukitan yang syahdu. Lokasi kopi'>kedai kopi di sebuah taman rahasia di belakang rumah Rohmat. Rumah itu berada di pinggir jurang diapit dua bukit karst curam.

Kedai kopi Menoreh menyediakan dua gazebo sederhana dari bamboo dan ijuk yang tampak cantik. Di gazebo itu tersusun dengan rapi meja dan tikar yang dilengkapi lampu pijar.

Dari kopi'>kedai kopi ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kebun di sekitar kedai, suara gemericik air sungai yang mengalir, dan pepohonan rindang yang diselimuti kabut tipis.

Di situ tersedia kopi panas yang nikmat, terlebih pilihan kopi yang disediakan adalah kopi tradisional. Pilihan kopinya, yaitu kopi robusta, kopi arabika, kopi jahe, kopi lanang, dan kopi luwak.

Yang menjadikan istimewa adalah sajian kopi yang dipaketkan dengan berbagai cemilan seperti kacang rebus, singkong rebus, tahu isi, dan geblek.

Pernah makan geblek? Geblek adalah makanan khas Kulon Progro yang terbuat dari singkong.

Teksturnya liat. Biasanya tepung tapioka dicampur dengan air garam dan dipilin menyerupai cincin. Setelah dijemur, cincin tapioka itu digoreng.

Hanya mereka yang sanggup menerima tantangan yang mampu mengunyah geblek dengan gembira. Akan tetapi, justru di situ uniknya.

Halaman
12
Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help