Berita Nganjuk

Menelusuri Jejak Sejarah Kertosono Zaman Old

Para pemerhati sejarah tergerak menelusuri jejak peradaban kota lama Kertosono.

Menelusuri Jejak Sejarah Kertosono Zaman Old
SURYAonline/Mohammad Romadoni
Gapura Desa Pakuncen di Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.co.id | NGANJUK - Para pemerhati sejarah tergerak menelusuri jejak peradaban kota lama Kertosono.

Penelusuran tersebut terkait keberadaan peradaban kuno sebuah kota pemerintahan, di bantaran sungai Brantas yang merupakan wilayah masa Kerajaan Mataram baru berpusat di Ngayogyakarta sekitar 1700 M kala itu.

Pemerhati sejarah, Dr Luqman Surya menjelaskan kegiatan ini guna menguak kota lama Kertosono sekaligus sejarah Patianrowo. Disisi lain, pihaknya menitikberatkan untuk mencari kepastian hari ulang tahun Patianrowo yang hingga kini belum diketahui.

"Tidak hanya itu saja, harus ada pengembangan wisata, ekonomi dan penerbitan buku," tuturnya kepada Surya, Sabtu (10/2/2018).

Luqman sapaan akrab pria ini memaparkan pihaknya akan terang-terangan membeberkan silsilah kota lama Kertosono, yang dimasa dulu berpusat di kawasan rawa atau kini disebut Patianrowo.

Sejumlah bukti otentik mengenai keberadaan kota lama Kertosono yang menyangkut Patianrowo, kata dia, bakal dibeberkan ketika kegiatan seminar menelusuri jejak kota lama Kertosono, di Auditorium Pabrik Gula Lestari, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Kamis (22/2/2018) mendatang.

"Seminar itu diselenggarakan oleh yayasan keluarga uemenggung Kopek bersama pemerintah daerah Kecamatan Patianrowo," jelasnya.

Rencananya, kata Luqman sekaligus ketua panitia ini mengatakan adapun sebagai narasumber yakni Prof Dr. Aminudin Kasdi M.Pd, selaku dosen Emiritus dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh keluarga besar Kraton Ngayogyakarta.

"Seminar ditujukan untuk guru sejarah, PPKN di sekolah SMA, SMK, MA, SLTP dan umum," ungkapnya.

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved