Surya/

Berita Sidoarjo

Sabu yang Diselundupkan dalam Rice Cooker ke Surabaya Itu Terkait Jaringan Lama

Penyelundupan 940 gram sabu dalam rice cooker dari Malaysia ke Madura diduga kuat terkait jaringan yang sudah lama beroperasi.

Sabu yang Diselundupkan dalam Rice Cooker ke Surabaya Itu Terkait Jaringan Lama
surya/m taufik
Tersangka AW, TKI asal Pamekasan yang kedapatan membawa 940 gram sabu dalam rice cooker dari Malaysia untuk dikirim ke Madura. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Penyelundupan 940 gram sabu dalam rice cooker dari Malaysia ke Madura diduga kuat terkait jaringan yang sudah lama beroperasi.

Sayang, polisi belum bersedia membeber jaringan tersebut.

"Seperti yang diketahui rekan-rekan lah, dan kami masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini," jawab Direktur Reserse Narkoba Polda Jatim, Kombespol Sentosa Ginting usai menghadiri rilis di KPPBC Juanda, Kamis (8/2/2018).

Demikian halnya keterkaitan dengan kasus penyelundupan narkoba dari Malaysia yang sebelumnya terungkap, juga disebut masih dilakukan pendalaman penyelidikan.

Pada 29 Agustus 2017 lalu, digagalkan penyelundupan 1.940 gram sabu yang dilakukan seorang WNI berinisial MS.

Ketika itu dia menumpang pesawat Air Asia XT-383 rute Johor Baru-Surabaya mendarat di Bandara Juanda.

"Kemungkinan ada keterkaitan kasus ini dengan sebelumnya itu. Ada beberapa modusnya yang hampir sama," ungkap Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Juanda, Budi Harjanto.

Diantaranya adalah cara pembelian tiket, cara pemesanan, dan beberapa aksi lainnya.

Tersangka AW, menurut Budi, datang ke Indonesia menggunakan surat pengganti paspor dengan alasan paspornya hilang.

"Kami menduga upaya ini dilakukan untuk mengelabuhi petugas agar tidak tahu track record. Untungnya kita kerjasama dengan pihak Imigrasi sehingga kita berhasil deteksinya. Dan setelah kami menyortir penumpang yang datang, ternyata benar di barang bawaannya ada narkoba," urainya.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help