Kuliner

Ceker Keriput dengan Tulang Lunak

Ceker ayam saat ini menjadi bahan makanan ringan yang disukai masyarakat. Selain untuk camilan, ceker ayam juga cocok dijadikan lauk lezat.

Ceker Keriput dengan Tulang Lunak
surya/sudarma adi
Menu ceker menjadi lauk yang lezat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ceker ayam saat ini menjadi bahan makanan ringan yang disukai masyarakat. Selain untuk camilan, ceker ayam juga cocok dijadikan lauk lezat bersama nasi.

Masalah kelezatan ini, Ceker Sambel Yuk Rah menyajikan menu berbeda, yakni ceker ayam keriput presto sambal bawang yang dipadukan menu telur hitam.

Pemilik Ceker Sambel Yuk Rah, Sarra Zulaika menuturkan, dia membuat menu ceker tak lepas dari kesukaannya makan kaki ayam ini. Apalagi, menu ini makin nikmat ketika disantap bersama sambel.

“Sensasi yang paling nikmat adalah dengan ngrokoti ceker sampai tinggal tulangnya,” ujarnya.

Dari kesukaannya ini, dia kemudian mencoba membuat menu ceker ayam pedas yang pastinya menggoyang lidah. Hanya saja, karena menu serupa sudah bertebaran, maka dia membuat tampilan berbeda pada cekernya.

Tampilan berbeda ada pada bentuk ceker yang utuh kulitnya meski keriput. Sensasi bentuk ceker lainnya adalah seluruh tulangnya empuk karena dipresto, sehingga penikmat kuliner tak perlu ngrokoti.

Tinggal digigit, dikunyah tulang-tulangnya dan ditelan. Lalu yang ketiga adalah campuran sambel bawang yang jadi kegemaran warga di Surabaya dan sekitarnya.

“Menu ceker ini sangat cocok dipadukan dengan menu telur hitam yang bercitarasa manis,” paparnya.

Untuk membuat ceker keriput presto seharga Rp 15 ribu ini, lebih dulu ceker ayam ini digoreng.

Setelah matang, ceker kemudian dimasukkan ke air dingin, agar  mengembang dan jadi keriput.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help