Surya/

Kuliner

Sambut Imlek, Begini Ritual Santap Yee Shang yang Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan

Yee Shang adalah hidangan khas yang harus ada saat perayaan Imlek. Untuk menikmatinya tak boleh sembarangan lho. Begini aturannya...

Sambut Imlek, Begini Ritual Santap Yee Shang yang Diyakini Bisa Datangkan Keberuntungan
surabaya.tribunnews.com/achmad pramudito
Menyantap Yee Shang 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bagi warga Tionghoa, Yee Shang merupakan hidangan khas yang harus ada dalam perayaan Imlek. Menu yang punya nama lain Yusheng ini merupakan salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. 

Daging ikan yang dipakai adalah irisan ikan tuna atau ikan salmon yang sebelumnya sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica.

Saus dibuat campuran minyak (minyak goreng dan minyak wijen) dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis.

Menyantap Yusheng ini tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa ritual yang lumrah dilakukan.

Seperti pada saat mencampur harus dalam posisi berdiri, meletakkan irisan ikan di atas irisan sayur, hingga harus mengangkat tinggi–tinggi sumpit saat proses mengaduk Yusheng.

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa dengan mengaduk Yee Sang tinggi-tinggi, melambangkan tingginya keberuntungan yang diperolehnya di tahun baru. Sedangkan Ikan Salmon mempunyai makna pekerja keras.

Menu spesial ini jadi andalan Ah Yat Abalone Forum Restaurant. Restoran di lantai 2 Java Paragon Hotel & Residences Surabaya ini menghadirkan menu Sapi Saus Jepang and Yee Shang.

Selain itu juga ada BBQ Combinations, Pork Grill, Udang Mabuk, hingga sago melon sebagai makanan penutupnya.

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Java Paragon Hotel & Residences dan Restoran Ah Yat Abalone memberikan pilihan penawaran untuk menikmati malam tahun baru bersama keluarga dan kerabat dekat. Paket Family Reunion Dinner ini bisa dinikmati mulai harga Rp 5.988.000++, Rp 7.988.000++, dan Rp 10.888.000++ per meja untuk 10 orang.

“Selain itu tamu juga akan dihibur penampilan tarian Barongsai di malam tahun baru,” kata Rendy Eka Saputra, Public Relation Manager Java Paragon Hotel & Residences. 

Penulis: Achmad Pramudito
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help