Berita Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Beberkan Tips Pengembangan Pariwisata ke Ratusan Pelaku Wisata di Sumatera Barat

Kepada ratusan pelaku pariwisata di Sumbar, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas membagikan aneka strategi pengembangan pariwisata Banyuwangi

Bupati Banyuwangi Beberkan Tips Pengembangan Pariwisata ke Ratusan Pelaku Wisata di Sumatera Barat
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat membagikan pengalaman mengelola pariwisata kabupaten Banyuwangi kepada para pelaku wisata di Sumatera Barat. 

SURYA.co.id | PADANG - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memaparkan sejumlah keunikan pembangunan pariwisata di daerahnya hingga bisa berkembang cukup pesat.

Pemaparan itu disampaikan Anas dalam diskusi rangkaian peringatan Hari Pers Nasional, Rabu (7/2), di Padang, Sumatera Barat.

Selain Anas, pembicara lainnya dalam diskusi yang diikuti ratusan pelaku pariwisata Sumatera barat itu adalah Gubernur NTB, M Zainul Majdi.

Menurut Anas, pengembangan pariwisata Banyuwangi cukup cepat dilakukan karena konsepnya yang unik, yaitu semuanya berbasis partisipasi publik, sehingga warga ikut memiliki program wisata tersebut.

"Tidak seperti daerah wisata yang sudah sangat besar yang lebih bertumpu ke swasta dan pemerintah,” kata Anas.

Anas mencontohkan, banyak festival berbasis adat lahir dari masyarakat. Pemerintah tinggal memfasilitasi.

"Jadilah festival spektakuler yang mendatangkan ribuan orang, menggerakkan ekonomi rakyat secara langsung,” kata bupati 44 tahun tersebut.

Contoh festival berbasis tradisi rakyat antara lain Festival Gandrung Sewu, Tumpeng Sewu, ritual Kebo-keboan, dan Tari Seblang.

”Semua itu menyedot ribuan wisatawan setiap pergelarannya,” ujar Anas.

Dengan konsep partisipasi tersebut, tumpuan pariwisata ada di masyarakat desa. Sehingga Banyuwangi intens menggerakkan wisata berbasis desa yang sekaligus jadi alat pemerataan pembangunan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help