Surya/

Kuliner

Bandeng Naga Lemonade, Menu Mudah untuk Disajikan saat Imlek. Yuk Dicoba

Bingung mau masak apa saat imlek? Nah, kalau di rumah anda ada ikan bandeng, resep bandeng naga lemonade yang satu ini layak untuk dicoba.

Bandeng Naga Lemonade, Menu Mudah untuk Disajikan saat Imlek. Yuk Dicoba
surabaya.tribunnews.com/irwan syairwan
Chef Agung menunjukkan cara pengolahan bandeng naga lemonade untuk Imlek. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Imlek sudah di depan mata. Biasanya, makanan berupa ikan dan mi harus ada di meja makan. Dipercaya, menyajikan menu ikan dan mi saat Imlek merupakan pengharapan rejeki yang berlimpah serta umur yang panjang.

Di Sidoarjo, Chef Agung Susila dari The Sun Hotel (TSH) memperkenalkan sajian menu ikan yang mudah dan pas disajikan di saat Imlek 2569 pada 16 Februari mendatang. Chef Agung mengenalkan masakan Bandeng Naga Lemonade, Rabu (7/2/2018).

Agung mengatakan masakan ini mudah dibuat siapa saja. Agung memilih masakan ikan bandeng karena Sidoarjo merupakan salah satu penghasil bandeng terbaik di Indonesia.

"Ikan bandeng memiliki rasa seperti susu, sehingga orang Barat menyebut ikan ini sebagai milkfish. Rasanya juga gurih dan cocok untuk hidangan Imlek di meja makan," kata Agung.

Bahan-bahannya berupa fillet bandeng yang durinya telah dibersihkan. Kemudian sayur-sayuran berupa lobak, wortel, mentimun, dan kentang.

Sebelum dimasak, fillet bandeng ditaburi garam, jeruk nipis, dan lada, kemudian didiamkan selama sekitar 30 menit. Ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis ikan dan menguatkan rasa asli daging ikan itu sendiri.

Fillet lalu digoreng hingga berwarna coklat keemasam. Agung menuturkan cukup digoreng dengan sedikit minyak agar fillet tersebut bertekstur renyah di luar namun lembut di dalam.

"Untuk sayurannya cukup ditumis 10 hingga 15 menit saja. Tambahkan garam, lada, minyak wijen, dan bumbu lain sesuai selera," sambungnya.

Setelah fillet bandeng dan sayuran siap, disiram dengan saus naga lemonade. Saus ini dibuat dari ekstrak buah naga dan lemon. Kalau kesulitan membuat ekstrak buah naga dan lemon, cukup dibikin seperti jus biasa tanpa gula, kemudian disaring.

Saus yang telah siap langsung disiram ke atas fillet bandeng tersebut. Agung mengungkapkan rasa ikan bandeng yang renyah, gurih, dan sedikit manis seperti susu, akan bercampur dengan rasa asam-manis saus buah naga dan lemon.

TSH sendiri menghargai masakan ini Rp 155.000 untuk dua porsi. Namun, Agung menyatakan membuat sendiri di rumah juga bisa, bahkan bisa dikreasikan dengan saus lain, seperti saus jamur, saus tiram, atau lainnya sesuai selera.

"Ikan bandeng kaya protein dan semoga juga bisa membawa hoki di Tahun Anjing ini," ujarnya.

Penulis: Irwan Syairwan
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help