Surya/

Berita Pendidikan Surabaya

Materi USBN Tingkat SMP Berbeda Tiap Kota, Kemendikbud Yakin Soal Tidak Akan Bocor

Kemendikbud yakin soal USBN tingkat SMP tak akan bocor. Ini alasannya..

Materi USBN Tingkat SMP Berbeda Tiap Kota, Kemendikbud Yakin Soal Tidak Akan Bocor
surabaya.tribunnews.com/Sulvi Sofiana
Ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah pusat memberikan masukan soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebanyak 25 persen, sisanya dan menyusunannya akan dilalukan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP).

"Orang pusat membawa soal, diberikan MGMP, kemudian MGMP membuat jadi soal USBN," ujar Kepala Bidang Penilaian Nonakademik Puspendik Kemendikbud, Giri S. Hamiseno usai sosialisasi USBN dan UNBK tingkat SMP, MTs, dan Pondok Pesantren se Surabaya di Convention Hall jalan Arif Rahman Hakim, Selasa (6/2/2017).

Tiap kabupaten/kota, lanjut Giri, bisa berbeda materi soalnya dari pusat. Sehingga meskipun tidak dilaksanakan bersamaan, soal tidak akan bocor.

Dia menjelaskan, setelah pelaksanaan USBN pihaknya akan meminta sampling soal untuk dianalisis. Hasil analisis untuk mengetahui apakah MGMP sudah mumpuni membuat soal atau belum. Kalau belum, itu menjadi bahan pelatihan di pusat sebagai penguatan.

Kabid Sekolah Menegah Pertama (SMP) Dispendik Surabaya Sudarminto menjelaskan, sebelum mengawali pelaksanaan USBN, pihaknya diminta mengirim surat pemberitahuan kepada Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud. Hal ini terkait dengan penggabungan soal USBN dari pusat dengan soal dari MGMP.

Dengan kondisi soal dari pusat berbeda tiap daerah, lanjut Sudarminto, logikanya tidak masalah untuk mendahului pelaksanaan USBN. "Kalau mundur dari awal April, sepertinya tidak memungkinkan untuk USBN satu hari satu mapel," pungkasnya.

Baca: Surabaya Akan Awali Pelaksanaan USBN SMP

Tags
USBN
SMP
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help