Surya/

Berita Olahraga

Asian Games 2018, Cabor Softball Dan Baseball Tak Dipatok Target Medali Emas

Koni Pusat dan juga Kemenpora hanya menargetkan medali emas untuk cabor ini saat Sea Games.

Asian Games 2018, Cabor Softball Dan Baseball Tak Dipatok Target Medali Emas
surya/istimewa
Surya Dharma Wakil V Ketua Umum Bidang Kerjasama Dalam Negeri, Luar Negeri dan Hukum saat menabuh gong dimulainya Mukernas PB Perbasasi di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Cabang Olahraga Softball dan Baseball gencar melakukan persiapan jelang PON Papua 2020 dan Asian Games 2018.

Terbukti saat Pengurus Besar Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Hotel Singgasana Surabaya, 3-4 Pebruari 2018, dua topik ini menjadi pembahasan penting.

Disampaikan Wakil Ketua Umum V Koni Pusat, Marsda (Purn) TNI Surya Dharma Wakil V Ketua Umum Bidang Kerjasama Dalam Negeri, Luar Negeri dan Hukum, Koni Pusat menegaskan tak membebankan target pada cabor Softball dan Baseball untuk meraih medali emas.

Hal ini karena cabor ini tidak masuk dalam 19 cabor unggulan Indonesia saat Asian Games nanti.

Sehingga Koni Pusat dan juga Kemenpora hanya menargetkan medali emas untuk cabor ini saat Sea Games.

"Ada 19 cabor yang kami unggulkan agar bisa mendapatkan medali emas dari total 40 cabor. Apabila ini tercapai paling tidak Indonesia bisa masuk 10 besar. Untuk softball dan baseball kenapa tidak masuk unggulan? Karena mereka untuk tingkat Asia saja mereka peringkat tiga. Jadi kalau Sea Games kami optimis karena regional kecil dan pesertanya cuma 10, kalau Asian pesertanya banyak, jadi kelihatannya berat kalau medali emas," kata Surya Dharma pada SURYA.co.id, Selasa (6/2/2018).

Meski tak mematok target medali emas, namun Koni Pusat mengapresiasi persiapan yang telah dilakukan PB Perbasasi dalam mempersiapkan atletnya.

Selain itu, Surya Dharma juga menjelaskan jika nyaris seluruh cabor telah menjalani persiapan untuk menghadapi event tersebut.

"Secara umum saat ini cabang-cabang olahraga sudah ada yang masuk kegiatan Pelatnas terpusat maupun menyebar. Dinamika yang terjadi di softball tidak jauh beda dari cabor lain, masih penyiapan, masuk pada organisasi persiapan umum, setelah itu persiapan khusus, baru akan tryout. Kami tetap berusaha dengan kemenpora, agar pelatnas ini bisa optimal," ujarnya.

Surya Dharma menambahkan untuk cabor yang diunggulkan Indonesia di tingkat Asian Games, diataranya Bulutangkis, tinju, wushu dan angkat besi.

Halaman
12
Penulis: Dya Ayu
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help