Berita Gresik

Pembuangan Bayi Marak, Seperti Kembali ke Jaman Jahiliyah

Maraknya pembuangan bayi, menurut Direktur Gresik Children Care, menunjukkan bahwa masyarakat seperti sedang kembali ke jaman jahiliyah.

Pembuangan Bayi Marak, Seperti Kembali ke Jaman Jahiliyah
tribunnews.com
ilustrasi 

SURYA.co.id | GRESIK – Tragedi pembuangan bayi di Gresik menyadi perhatian serius LSM Gresik Children Care (GCC) yang fokus terhadap generasi muda.

Menurut Umy Kulsum, Direktur GCC, maraknya pembuangan bayi ini salah satunya disebabkan karena faktor budaya yang berubah, khususnya di generasi milenial.

Dia juga mengatakan bahwa bahwa kasus pembuangan bayi seperti sebuah fenomena gunung es yang harus segera disikapi serius oleh semua pihak. Mulai dari orang tua, pemerintah dan tokoh masyarakat

“Hal ini diketaui dari banyaknya kasus pembuangan bayi di berbagai daerah, sehingga perlu semua elemen masyarakat terlibat untuk menyadarkan para remaja tentang pentingnya kehidupan anak tersebut. Seperti pembuangan bayi itu kembali ke jaman jahiliah yaitu pembunuhan bayi, sekarang marak pembuangan bayi,” kata Umy.

Umy juga menilai bahwa kasus pembuangan bayi yang marak saat ini juga dampak dari lunturnya rasa sosial terhadap kepedulian anak-anak sekitar. Sehingga anak-anak tidak memperdulikan orang tua.

“Sementara orang tua yang bekerja di pemerintahan mulai tingkat desa sampai pusat sibuk membangun infrastuktur, sehingga menggerus budaya dan tradisi sosial yang sudah terbangun. Sementara pondasi tentang mental remaja kurang diperhatikan,” imbuhnya.

Bahkan yang menurutnya sangat memprihatinkan yaitu, banyaknya tokoh agama yang terlibat dalam dunia politik yang tidak langsung meninggalkan pendidikan remaja dan anak-anak disekitarnya.

“Sehingga yang terjun ke Politik itu harus membuat kebijakan tentang pendidikan budi pekerti anak-anak,” katanya. 

Umy mencontohkan beberapa kasus yang melibatkan anak-anak yaitu kasus di Sampang, Madura, seorang siswa memukul gurunya hingga meninggal dunia.

“Belum hilang berita kejadian di Sidoarjo tentang bayi dibunuh di rumah sakit. Di Gresik ada ibu melahirkan di pekarangan kosong dan langsung ditinggal kabur. Untungnya tidak ada biatang buas yang memangsanya. Semua ini seperti kembali ke jaman dulu dan segera diperhatikan oleh semua pihak,” imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help