Berita Gresik

Jangan Kalah Sama Anak SD, inilah Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar

Cuci tangan adalah kegiatan penting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Tetapi bagaimana caranya yang benar?

Jangan Kalah Sama Anak SD, inilah Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar
surabaya.tribunnews.com/sugiyono
Siswa siswi MI di Desa Sumurber Kecamatan Panceng diajarkan cara mencuci tangan yang baik untuk menjaga kesehatan, Minggu (4/2/2018). 

SURYA.co.id | GRESIK - Siswa Siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Desa Sumurber Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, diajak belajar hidup sehat dengan gerakan cuci tangan.

Penyuluhan kesehatan itu digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik Qomarudin yang kuliah kerja nyata (KKN) di MI Ma'arif dan MI Nasruddin Desa Sumurber Kecamatan Panceng.

Para mahasiswa melakukan kegiatan penyuluhan tersebut karena kegiatan cuci tangan sangat penting bagi anak-anak untuk menjaga kesehatan badan. Oleh karena itu, harus mengetahui tata cara cuci tangan dengan baik dan benar.

"Cucilah tangan setidaknya selama 10 sampai 20 detik, dengan mengikuti urutan mencuci tangan yang benar," kata Saipul Adhim, mahasiswa STTQ yang juga koordinator KKN di Desa Sumurber Kecamatan Panceng, Minggu (4/2/2018).

Dari materi yang disampaikan petugas Puskesmas Panceng, bahwa tahapan mencuci tangan dimulai dengan membasuh tangan dengan air dan sabun. Kemudian meratakan busa sabun ke seluruh telapak tangan.

Selanjutnya gosok punggung tangan secara bergantian, kaitkan kedua tangan, jabarkan kedua tangan dan putar-putar kedua jempol secara bergantian.

"Putar-putar juga ujung jari secara bergantian dan bilas dengan air bersih yang mengalir. Kemudian keringkan tangan dengan menggunakan tissu atau kain bersih," imbuhnya.

Sementara Jamilah petugas penyuluhan dari Puskesmas Panceng mengatakan bahwa mencuci tangan itu dilakukan disaat sebelum dan sesudah makan, sesudah BAB (Buang Air Besar), sesudah BAK (Buang Air Kecil), dan setelah bersin atau batuk.

"Supaya kita terhindar dari penyakit-penyakit yang akan mengganggu kesehatan jasmani kita. Jika kita teratur mencuci tangan bisa terhindar dari penyakit," kata Jamilah. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help