Surya/

Lapor Cak

Urus Izin Taksi Online bisa Lewat Cara Online

Masih banyak pengemudi taksi online di Surabaya yang belum berizin. Padahal, kata Dishub, pengurusan izinnya bisa dilakukan secara online.

Urus Izin Taksi Online bisa Lewat Cara Online
surya/sugiharto
Direktur angkutan dan multimoda Kemenhub, Cucu Mulyana (tengah) bersama Senior Vice President Public Policy and Goverment Relations Go-Jek Malikulkusno Utomo (kanan) mencoba membaca data yang tertera di stiker, Kamis (4/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Hingga saat ini baru 140 unit taksi online di Surabaya dan sekitarnya yang resmi mengantongi izin.

Salah satu penanda taksi online itu resmi adalah terpasangnya stiker bundar kecil di depan dan belakang mobil. 

Bagi mereka yang belum punya stiker ini terancam bakal terkena tilang.

Namun Dishub Jatim selaku pelaksana regulasi taksi online di seluruh Jatim menyatakan belum tahu kapan penindakan dan tilang mulai diberlakukan.

Yang jelas, meski ada razia sepanjang Februari ini, sifatnya adalah sosialisasi. 

Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, Isa Ansori, mengaku kaget dengan masih sedikitnya mitra taksi online yang mau mengurus izin.

"Baru Ada 140 unit taksi online di bawah 10 koperasi yang mengantongi izin resmi. Tidak sulit urus izin kareka sudah kami layani via online juga. Atau datang ke Kantor Dishub akan dibantu Sepenuhnya," kata Isa.

Sebenarnya saat ini sudah ada 2.418 unit taksi online yang sudah mendapat izin prinsip. Mereka berhak mendapat slot trayek taksi online dan tinggal menunggu sarat utama harus di bawah badan hukum dan uji kir.

"Kami tegaskan bahwa berada di bawah koperasi bukan berarti STNK mobil atas nama lembaga. Tapi boleh atas nama pribadi," kata Isa.

Uji kir untuk taksi online juga tidak memberatkan. Semua kendaraan yang mengangkut penumpang umum sesuai Permenhub harus uji kelayakan. Kalau tidak diuji tidak tahu laik atau tidak.

Buku uji kir menjadi alat memastikan kalaikan mengangkut penumpang umum bukan mengangkut keluarga. Isa memastikan bahwa uji kir ini juga mudah dan murah. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help