Surya/

Berita Banyuwangi

Wow! Pelajar Miskin di Banyuwangi Akan Dapat Tabungan Rp 1 Juta

Banyuwangi meluncurkan program tabungan untuk pelajar kurang mampu. Nantinya, setiap siswa miskin akan mendapat tabungan Rp 1 juta.

Wow! Pelajar Miskin di Banyuwangi Akan Dapat Tabungan Rp 1 Juta
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat menyerahkan buku tabungan berisi Rp 1 juta kepada perwakilan siswa kurang mampu yang dimasukkan dalam program Tabungan Garda Ampuh, Senin (29/1/2018). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Banyuwangi kembali meluncurkan inovasi di bidang pendidikan. Setelah sebelumnya menggeber program Siswa Asuh Sebaya (SAS), Beasiswa Banyuwangi Cerdas, dan banyak lainnya, kini Banyuwangi meluncurkan program tabungan untuk pelajar kurang mampu bernama Tabungan Garda Ampuh.

Tabungan Garda Ampuh ini kelanjutan dari Program Gerakan Angkat Anak Muda Putus Sekolah (Garda Ampuh) yang telah ada di sana sejak 4 tahun terakhir. 

”Kami antisipasi kebutuhan-kebutuhan pelajar di luar biaya pendidikan yang sudah gratis. Misalnya beli sepatu dan tas. Makanya diberi tabungan per anak Rp 1 juta, awal tahun ini untuk 2.800 anak,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, saat menyerahkan buku tabungan itu untuk sejumlah pelajar di Kecamatan Wongsorejo, Senin (29/1).

Anas mengatakan, pemberian tabungan ini merupakan tahap awal. ”Nanti dievaluasi teknisnya. Setelah evaluasi, bisa saja kita tambahkan pertengahan tahun, misalnya bisa tambah ribuan lagi jumlah penerimanya,” papar Anas.

Tabungan ini diberikan untuk siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Untuk menjamin transparansi, mekanisme dijalankan secara online. Pelajar mendaftar ke situs Dinas Pendidikan dengan menggunakan internet sekolah atau desa hingga 31 Maret.

Pengambilan uang dilakukan melalui konsultasi guru untuk memastikan uang digunakan membeli barang yang menunjang pendidikan.

“Jadi tidak bisa untuk beli pulsa misalnya, sekaligus ini makin merekatkan relasi guru dan siswa,” kata Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Jatim tersebut.

Selain uang tabungan, Banyuwangi menyiapkan program pemberian uang saku dan biaya transportasi.

Sasaran program ini khusus untuk siswa yang ada di empat kecamatan dengan kemiskinan lebih tinggi dibanding kecamatan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help