Citizen Reporter

Mari Bertemu di Pantai Lorena

Saat mahasiswa dan Karang Taruna bersinergi, akan menjadi kekuatan tersendiri. Termasuk dalam upaya memelihara lingkungan.

Mari Bertemu di Pantai Lorena
citizen reporter/Agus Buchori
Aksi bersih-bersih pantai di Desa Paciran, Kabupaten Lamongan. 

Reportase Agus Buchori
Cipoer Pantura Lamongan

JIKA forum mahasiswa dan karang taruna bergabung, tentu akan menjadi kekuatan. Latar belakang yang berbeda justru membuat mereka saling melengkapi. Ketika mereka berbincang tentang lingkungan, muncul ide yang diwujudkan dalam aksi.

Itu yang terjadi di Desa Paciran, Kabupaten Lamongan, Senin (22/1/2018).

Forum Mahasiswa Lamongan (Formala), yaitu organisasi kemahasiswaan asal Lamongan yang berkuliah di Jakarta dan sekitarnya, bergabung dengan Karang Taruna Putra Samudra Paciran membersihkan pantai di Desa Paciran.

Pantai sepanjang 1 km di utara Dusun Penanjan, Desa Paciran menjadi sasaran aksi karena pantai itu sering menjadi persinggahan para pengendara dari luar kota yang kebetulan melewati Desa Paciran atau hendak ke Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Selain karena lokasinya dekat dengan WBL, juga karena bentuk Pantai Lorena atau lore nanjan, begitu orang Paciran menyebutnya. Pantainya memang sedap dipandang mata karena melengkung bak laguna.

Kegiatan itu juga dihadiri jajaran TNI, Polri, perangkat desa, tokoh masyarakat Desa Paciran, dan beberapa warga.

Umar Fadloli, salah satu tokoh masyarakat yang hadir pagi itu mengatakan kagum dengan apa yang dilakukan mahasiswa karena meski sudah tinggal di ibu kota, mereka tetap memiliki kepedulian tinggi terhadap desa asalnya.

“Apa yang dilakukan teman-teman Formala merupakan bentuk kepedulian nyata sebagai mahasiswa asal Lamongan terhadap daerah asal kelahiran. Ini layak diteladani oleh kelompok mahasiswa lainnya,” kata Umar.

Selain itu, Nazri Yunus Kharismawan, Ketua Formala menambahkan, kegiatan itu juga sebagai pengembangan kegiatan Formala agar lebih terasa bagi daerah asal. Selama ini Formala dikenal hanya sebagai tempat untuk menampung mahasiswa baru yang hendak berkuliah di Jakarta.

“Kami ingin agar tetap eksis. Banyak kegiatan sosial yang dilakukan Formala di desa asal kami. Ke depan bukan hanya pantai di Paciran, tetapi seluruh wilayah pantai utara Lamongan akan kami jadikan sasaran kegiatan bersih lingkungan,” tambahnya.

Tak kalah bersemangatnya dengan rekan mahasiswa, Mundu Hamam, Ketua Karang Taruna Desa Paciran mengaku senang apabila kegiatan seperti ini bisa rutin diadakan. Itu karena mereka juga memiliki agenda rutin membersihkan lingkungan.

Kepala Desa Paciran, Khusnul Khuluq menambahkan: “Apa yang dilakukan Formala sangat membantu kami mengingat selama ini hanya karang taruna yang banyak menginisiasi gerakan sadar lingkungan di wilayah kami.”

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved