opini

Ketika Lalat Ijo Menyerbuki Buah Klengkeng, ke mana Lebah Madu Pergi?

pergi ke mana lebah madu? lihatlah jutaan lalat ijo menyerbu Tulungagung dan mengambil peran dengan menyerbuki buah kelengkeng ...

Ketika Lalat Ijo Menyerbuki Buah Klengkeng, ke mana Lebah Madu Pergi?
iswahyudi/citizen reporter
Ketika lebah madu pergi dan lalat ijo menyerbuki kelengkeng 

 

Reportase Iswahyudi

 

BULAN-BULAN ini warga Tulungagung, Jawa Timur dikejutkan dengan serbuan ribuan lalat yang mengerumuni pohon klengkeng  di pekarangan rumah mereka.

Fenomena koloni lalat  menyerbuki pohon klengkeng sudah hal biasa di mata warga. Mereka mengatakan, hasil proses penyerbukan oleh lalat ini memang membuat klengkeng berbuah sebagaimana penyerbukan dilakukan oleh lebah madu.

Penulis sempat mengamati langsung fenomena unik ini. Dari jauh terlihat seperti lebah madu yang mengerumuni pohon klengkeng. Namun ada yang janggal, "lebah kok berwarna hijau?"

Setelah diamati lebih detail ternyata ribuan lalat asyik bertengger sambil menghisap nektar bunga klengkeng. Kenapa lalat hijau yang menyerbuki bunga klengkeng? Ke mana koloni lebah pergi?

Penulis teringat pemberitaan di media Eropa beberapa tahun lalu, tentang kiamat serangga. Apakah fenomena hilangnya serangga juga merambah Indonesia? Pencarian informasi di dunia maya tentang penyerbukan pohon klengkeng, ditemukan bahwa lebah madulah yang biasa melakukan peran ini.

Penyerbukan oleh lalat hanya terjadi pada bunga bangkai Raflesia Arnoldi. Lalat dinilai sebagai serangga yang paling tangguh dan bisa hidup dalam berbagai macam kondisi bahkan kondisi yang sangat ekstrem sekalipun.

Fenomena penyerbukan tak biasa ini mengingatkan pada pemberitaan media nasional dan internasional tentang menurunnya populasi lebah di seluruh dunia. Ada kekhawatiran dari banyak ilmuwan dan pegiat lebah (beekeeper) dengan menurunnya populasi lebah ini berpengaruh pada suplai pangan dunia.

Halaman
123
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved