Tari Papatai yang Dramatis

Pada bagian awal tarian ini, para penari akan menari dengan gerakan teatrikal, kemudian dilanjutkan dengan gerakan...

Tari Papatai yang Dramatis
ist
Tari Papatai yang Dramatis 

SURYA.co.id - “Tari Papatai” dalam masyarakat Suku Dayak dikenal dengan Kancet Papatay, merupakan tarian perang tradisional yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur.

Tarian ini biasanya dimainkan oleh para lelaki menggambarkan keberanian lelaki Dayak saat berperang. Tarian ini sedikit berbeda dengan tarian Dayak lainnya, karena tidak hanya menyajikan seni tari saja, tetapi juga terdapat seni perang dan seni teatrikal.

Gerakan seni tari yang indah, dipadukan dengan gerakan penari yang gesit, lincah, dan gerakan akrobatik, membuat tarian ini terlihat mempesona.

Pada bagian awal tarian ini, para penari akan menari dengan gerakan teatrikal, kemudian dilanjutkan dengan gerakan dan teriakan yang saling memprovokasi.

Tarian kemudian dilanjutkan dengan gerakan saling serang antar penari, namun saat gerakan saling serang tersebut terdapat gerakan jeda yaitu para penari terlihat beristirahat tetapi masih dengan kuda-kuda dan diselingi dengan gerakan tari berputar-putar yang menggambarkan mereka selalu siap siaga jika ada serangan mendadak dari musuh mereka.

Para penari Tari Papatai, menggunakan busana adat dari Dayak Kenyah Kalimantan Timur yang biasa disebut Sapei Sapaq. Pada umumnya pakaian Sapai Sapaq berwarna dasar hitam yang dihias dengan manik-manik berawarna kontras. Dibagian atas biasanya menggunakan pakaian yang berbentuk seperti rompi, sedangkan bagian bawah berbentuk cawat yang biasa disebut Abet Kaboq.

Hiasan manik-manik berwarna cerah ini menurut masyarakat dari suku Dayak kenyah merupakan simbol yang menggambarkan sebuah kecintaan masyarakat Dayak kenyah tentang alam, keharmonisan dan perbedaan.

Dalam pertunjukan Tari Papatai ini, para penari dilengkapi dengan Mandau asli dan perisai untuk bertahan, sehingga aksi saling serang yang dilakukan kedua penari tersebut terlihat sangat dramatis dan cukup menegangkan.

Jika Anda ingin menyaksikan langsung keindahan dari Tari Papatai, Anda bisa terbang ke Balikpapan bersama Sriwijaya Air Group. Kami memiliki rute ke Balikpapan dengan jadwal penerbangan 2 kali sehari dari Surabaya, yaitu pkl 11:00 dan pkl 15:10 dengan pesawat Jet Boeing 737-500 W.

Ayo segera dapatkan harga terbaik dengan melakukan reservasi sekarang juga di Kantor Sriwijaya Air Distrik Surabaya Jl. Sulawesi 50 Surabaya, telp 031-5052 777 atau hubungi Travel Agent langganan Anda.

Sriwijaya Air, Your Flying Partner!

Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved