Latihan Metode Tabata, Bikin Jantung Lebih Sehat

Untuk menjaga kebugaran tubuh ini, ada latihan kardio yang efektif menjaga kesehatan jantung yakni latihan dengan metode Tabata

Latihan Metode Tabata, Bikin Jantung Lebih Sehat
Surya Online/Sugiharto
Menjaga kesehatan jantung latihan dengan metode Tabata 

SURYA.co.id | SURABAYA - Keberadaan jantung menjadi organ terpenting bagi tubuh. Maka tak pelak, kesehatan jantung jadi hal utama agar tubuh tetap bugar. Untuk menjaga kebugaran tubuh ini, ada latihan kardio yang efektif menjaga kesehatan jantung yakni latihan dengan metode Tabata.

Pelatih gym 20fit, Burhan Kusuma menjelaskan, latihan dengan metode ini sebenarnya dikembangkan Prof Izumi Tabata dari  Ritsumeikan University Jepang. Dikembangkan sejak 1996 lalu, metode latihan ini mulai booming sejak 2015 hingga saat ini.

“Latihan dengan metode ini memang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan fungsi jantung, sekaligus meningkatkan volume otot,” paparnya.

Pada latihan dengan metode Tabata ini, profesor dari Jepang ini meneliti bagaimana respon tubuh dengan latihan yang punya interval dan durasi waktu tertentu.

Contoh latihan yang dilakukan, dimana ada tiga gerakan. Praktisi melakukan satu gerakan fungsional selama 30 detik, kemudian setelah itu istirahat selama 30 detik.

Lalu praktisi melakukan gerakan berikutnya dengan durasi sama dan kemudian istirahat. Ketiga gerakan itu dilakukan dengan durasi dan interval sama, hingga tuntas satu set.

“Ini bisa dilakukan hingga empat set dengan durasi dan interval waktu sama. Durasi dan interval waktu ini bisa sama atau beda pada saat berlatih dan istirahat,” terangnya.

Latihan kardio dengan metode ini lebih efektif, karena ada jeda antara melakukan gerakan dan istirahat. Gerakan dengan metode ini lebih efisien, dibandingkan dengan gerakan senam lain yang biasanya membuat capai karena lama dan banyak gerakan.

“Latihan dengan metode tak membuat jantung dan otot lelah. Malahan, selain jantungnya kuat, kapasitas dan volume jantung meningkat, serta kemampuan sirkulasi lebih besar,” urainya.

Latihan dengan metode Tabata ini bisa dilakukan siapa saja, mulai anak-anak hingga orang tua. Hanya saja, beban latihan pada anak tentu berbeda dengan dewasa atau orang tua.

Contohnya pada anak, dimana gerakan yang dilakukan lebih banyak gerakan dasar. Sedangkan pada orang tua, gerakan yang dilakukan lebih save atau tanpa beban. Hanya saja, bagi penderita jantung, latihan dengan metode ini harus berkonsultasi dengan dokter, agar tak membuat penyakitnya makin parah.

“Agar hasil maksimal dan jantung tetap sehat, maka latihan dilakukan seminggu dua kali. Latihan bisa dilakukan di rumah atau dimanapun, karena tak butuh banyak alat,” tandasnya.

Untuk latihan kardio dengan Tabata, ada lima gerakan yang efektif menyehatkan jantung dan otot. Kelima gerakan itu dilakukan dengan interval 30 detik dan dilanjut 30 detik istirahat. Kelima gerakan itu adalah :

1. One leg knee on box step
Posisi berdiri di lantai, kemudian langkahkan kaki di box step dan kaki satunya diangkat serta menyentuh siku tangan dengan lutut. Lakukan gerakan secara bergantian.

2. One leg back extention
Posisi berdiri di lantai, kemudian langkahkan satu kaki di box step. Kaki satunya ditarik ke belakang bersama kedua tangan. Lakukan gerakan secara bergantian.

3. Side to side lunges with bosu
Letakkan satu kaki di bosu dan kaki satunya di lantai. Lalu, kaki yang ada di atas bosu ditekuk hingga pantat condong ke belakang. Lakukan gerakan ini secara bergantian.

4. Burpees with bosu
Posisi berdiri dan mengangkat bosu ke atas, kemudian turunkan bosu ke lantai. Setelah itu, kedua kaki ditarik ke belakang dengan tangan tetap di atas bosu, lalu siku ditekuk seperti push up. Setelah itu badan kembali berdiri.

5.Mount climbers with TRX
Posisi tengkurap dengan kedua kaki berada di handle TRX yang sudah dipanjangkan. Angkat  badan dengan posisi tangan dan badan lurus. Lalu ayunkan kaki ke depan bergantian seperti naik sepeda.

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help