Berita Surabaya

Cara Mendidik Anak yang Benar "Jangan Labeli Mereka"

Melabeli anak sama dengan memprogram pikiran mereka. Anak tidak malah mengerti malah dia merasa apa yang orangtua labeli kepada mereka adalah benar

Cara Mendidik Anak yang Benar
SURYA Online/Pipit Maulidiya
Vivid Sambas 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mendidik anak memang gampang-gampang susah, hal ini disampaikan Vivid Sambas, Hipnoterapis dan Trainer asal Surabaya.

Menurutnya orangtua seringkali tak sengaja melabeli anak mereka saat marah.

"Contohnya saat orangtua melihat anak melakukan kesalahan, katakan handuk basah di atas kasur. Mungkin orangtua akan marah dan bilang 'dasar nakal, susah dikasih tahu. Ini handuk basah kenapa di sini' jangan begitu. Itu melabeli," katanya usai mengisi parenting di ACSC Preschool and Kindergarten, Sabtu (20/1/2018).

Menurut Vivid, melabeli anak sama dengan memprogram pikiran mereka. Anak tidak malah mengerti malah dia merasa apa yang orangtua labeli kepada mereka adalah benar.

"Supaya komunikasi kita, orangtua sampai pada anak harus yang jelas. Misalnya, bilang 'mama tidak suka, adik meletakkan handuk basah di atas kasur, ini bikin kasur basah dan bau' Jadi jelas perasaan dan sebab akibat," tambahnya.

"Supaya tidak melabeli, marahnya ucap satu kata saja. Misalnya anak meletakkan handuk basah di atas kasur, cukup teriak 'handuuuuuk' atau sepatu teriak 'sepatuuuu'. Anak yang dengar langsung merasa 'oh ya handukku, oh ya sepatuku' jadi tidak perlu melabeli," terangnya. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help