Berita Pendidikan Surabaya

Kini Pengawas Sekolah di Surabaya Bisa Buat Laporan lewat Handphone, begini Caranya

Pengawas sekolah selama ini harus melakukan rekap data setiap pembinaan dilakukan pada sekolah.

Kini Pengawas Sekolah di Surabaya Bisa Buat Laporan lewat Handphone, begini Caranya
surya/sulvi sofiana
Pengawas sekolah menunjukkan aplikasi kinerja pengawas sekolah yang bisa mereka akses melalui handphone, Jumat (19/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengawas sekolah selama ini harus melakukan rekap data setiap pembinaan dilakukan pada sekolah.

Untuk itu Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya meluncurkan sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan merekam aktivitas proses pembinaan secara online yang bisa diakses melalui handphone.

“Cukup lewat smartphone, mulai dari foto sampai dengan rekomendasi sekolah dapat dilakukan dengan mudah”, ujar Kepala Dindik Surabaya Ikhsan, ketika memberikan sosialisasi Aplikasi Kinerja Pengawas Surabaya, di ruang aula Bung Tomo, Jumat (19/01/2017).

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya tersebut menambahkan di dalam aplikasi tersebut juga terintegrasi dengan database usulan sekolah.

Jadi pengawas tidak perlu melakukan kerja ulang untuk pengajuan rehab atau usulan lainnya.

Misalkan ketika pengawas melakukan visitasi ke sebuah sekolah dan di sekolah tersebut terdapat adanya kerusakan gedung ataupun sarana prasarana lainnya dapat langsung di dokumentasikan kemudian di-upload.

“Bapak ibu bisa langsung memfoto, karena database kami terintegrasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang serta Bappeko sehingga dapat segera ditindaklanjuti”, ungkap Ikhsan.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Mamik Suparmi menambahkan hasil kinerja pengawas yang terekam secara baik nantinya dapat menjadi portofolio ketika mereka mengajukan kenaikan pangkat, selain itu aplikasi tersebut juga memudahkan pemantauan pengawas terhadap sekolah-sekolah binaan.

“Instrumen pembinaan sekolah juga telah disesuaikan dengan delapan standard nasional pendidikan," lanjutnya.

Koordinator Pengawas SMP Massjaroch Kohar menambahkan aplikasi ini sangat membantu kinerja pengawas di lapangan.

Menurutnya dengan sekali bekerja maka pengawas bisa menyelesaikan banyak laporan.

Seperti melaporkan hasil pembinaan secara online dan portofolio kenaikan pangkat.

“Prosesnya mudah meskipun untuk pengawas senior. Kami tinggal buka laptop atau handphone dan buka aplikasi kinerja pengawas di website profilsekolah.dispendik.surabaya.go.id," pungkas mantan Kepala SMPN 19 Surabaya tersebut.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help