opini

Ruang Atraktif Menulis Kreatif

butuh bukan sekadar passion untuk mahir memilih dan memainkan kata untuk menelurkan sebuah tulisan yang menarik dan enak dikunyah ...

Ruang Atraktif Menulis Kreatif
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Hendrata Wibisana
Dosen Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur

 

MENULIS sebuah kata predikat yang terasa membosankan, khususnya bagi mereka yang seringkali diharuskan untuk melakukannya tanpa adanya keinginan untuk menyelesaikannya hingga tuntas.

Kadangkala untuk menghasilkan sebuah tulisan seseorang yang melakukan proses menulis yang panjang dan membosankan terlebih bila dalam prosesnya tidak terlibat apa yang dinamakan passion for writing, akan terasa seperti neraka yang tak kunjung padam.

Berbeda bagi orang yang menyukai dunia menulis atau mengarang, proses menulis itu terasa mudah dan menyenangkan. Kendati, pada mulanya akan terasa sukar khususnya bagi pemula untuk mencari angle yang tepat dan menarik demi bisa mencuri perhatian pembaca.

Menulis sama halnya dengan berjualan soto, kalau tidak pandai meramu bumbu soto, orang tidak akan tertarik untuk membeli dan menyantapnya. Akan tetapi bila ramuannya tepat, pembeli membanjir dan dagangan soto akan laris manis.

Hal ini juga berlaku untuk memasarkan tulisan. Apabila penulis tidak pandai meramu kata, tulisan akan hambar, dan tidak ada makna sama sekali. Pada akhirnya orang akan melewatkan begitu saja dan berpindah ke tulisan lain yang lebih menarik.

Dalam melakukan proses menulis dibutuhkan pelatihan untuk dapat menjadi pakar selain passion tentunya. Dan untuk itu kemampuan menulis membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai dalam penulisan artikel.

Salah satu instansi yang peduli terhadap penggalian calon–calon penulis pemula adalah Jasatama Pola Media dan Harian Surya yang merupakan pionir dalam membentuk karakter membangun semangat menulis di Kota Surabaya dan sekitarnya .

Dalam melakukan proses pelatihan Harian Surya memang jeli dalam memilih lokasi untuk proses pelatihan penulisan, yang digelar Sabtu (13/1/2018) pukul 09.00 WIB di Gedung Dinas Pendidikan Provinsi Jatim lewat tema Menulis Etis dan Kreatif di Era Digital.

Aula Diknas Jatim di Jalan Gentengkali 33 Surabaya ini cukup megah dan sangat atraktif untuk kegiatan pelatihan menulis. Dan, misi Harian Surya melahirkan calon-calon penulis andal di masa depan semoga terwujud.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved