Liga 1

Dokter Tim Madura United Bicara Kiat Jadi Pemain Bola Profesional, begini Triknya

Persiapan tim tak hanya melulu soal pelatih, pemain, dan strategi. Banyak hal harus dilakukan terhadap pemain agar tampil prima.

Dokter Tim Madura United Bicara Kiat Jadi Pemain Bola Profesional, begini Triknya
surya/dya ayu
Dokter Heri Siswanto saat menangani Engelbert Sani yang tengah mengalami cedera. 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Persiapan tim tak hanya melulu soal pelatih, pemain, dan strategi. Banyak hal harus dilakukan terhadap pemain agar tampil maksimal dengan kondisi prima.

Satu komponen penting tim yang tak boleh disepelekan adalah dokter tim.

Selain mengecek asupan para pemain, dokter tim bertugas sebagai penolong saat pemain mengalami cedera di lapangan, apalagi di tengah persiapan prakompetisi yang padat.

Dokter tim baru Madura United, Dr Heri Siswanto, kepada Surya.co.id menuturkan, banyak faktor mendukung seorang pemain bola untuk tampil memukau di lapangan dengan kondisi tubuh yang prima, salah satunya paling penting adalah nutrisi.

"Yang pasti karbohidrat, lemak dan proteinnya harus seimbang. Ini yang menjadi tugas kami sebagai dokter untuk menyeimbangkan itu semua. Karena itu sebagai modal pertama pemain saat bermain, berlari dan beraktifitas. Kalau salah satu dari ketiganya ada yang tidak seimbang, maka akan berpengaruh pada tubuh, sehingga mempengaruhi penampilan saat di lapangan," kata dr Heri Siswanto, Senin (15/1/2018) pagi.

Selain itu, banyak pula pantangan pemain bola. Salah satunya merokok dan begadang hingga larut malam.

Karena dua hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada kesehatan dan juga organ.

Hal inilah yang melandasi, mengapa para pemain sepakbola harus patuh pada jam istirahat dan asupan yang sudah ditentukan dokter tim.

"Saya rasa semua pemain sudah paham tugas dan tanggungjawabnya. Apalagi Madura banyak pemain berpengalaman dan profesional tentu mereka paham," ujarnya.

Sebelum kompetisi resmi dimulai, Madura United akan menyelenggarakan tes kesehatan untuk mengetahui kondisi para pemain usai tampil di Suramadu Super Cup dan Piala Presiden.

"Saat saya baru datang di Madura, saya lihat kesehatan pemain sudah bagus cuma saya meminta kepada manajemen untuk dilakukan tes kesehatan, ini juga salah satu persiapan sebelum kompetisi resmi dimulai," jelas mantan dokter tim Bhayangkara FC itu. 

Penulis: Dya Ayu
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help