Berita Surabaya

Segera Dibangun 3 Pasar Baru di Surabaya dengan Anggaran Rp 4,9 Miliar, di Sini Lokasinya

Pemerintah Kota Surabaya bakal segera membangun tiga pasar rakyat dalam waktu dekat.

Segera Dibangun 3 Pasar Baru di Surabaya dengan Anggaran Rp 4,9 Miliar, di Sini Lokasinya
surya/RORRY NURMAWATI
Para pedagang sedang bergotong royong mengangkat lapak baru yang diperoleh dari PD Pasar Surya, yang akan ditempatkan di zona satu, Sabtu (29/10). 

SURYA.co.id I SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya bakal segera membangun tiga pasar rakyat dalam waktu dekat.

Pasar tradisional ini dibangun untuk mengakomodasi pasar tumpah di pemukiman agar mendapatkan tempat berjualan yang layak.

Tiga pasar tradisional yang akan dibangun itu ada di Kutisari, Kapasan dan Karah. Pasar tersebut bakal dibangun dengan anggaran Rp 4,9 miliar.

Kepala Seksi Bangunan Gedung Bidang Bangunan Gedung Dinas Pemukiman Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Adi Gunita mengatakan, tiga titik itu dipilih lantaran ada skala prioritas penataan kawasan pasar di pemukiman.

"Di wilayah tersebut ada pasar tumpah yang kerap mengganggu masyarakat. Oleh sebab itu atas arahan dari Badan Perencanaan Pengembangan Daerah Kota Surabaya, pasar tumpah di kampung itu akan dimasukkan ke pasar tradisional yang akan kita bangun," kata Adi, Minggu (14/1/2018).

Lebih lanjut dikatakan Adi, pasar tradisional yang baru akan dibangun dengan kapasitas yang mencukupi pedagang di pasar kawasan kampung sehingga tidak ada lagi pasar yang meluber di jalan yang mengganggu kenyamanan warga..

"Kami juga sudah turun ke sana untuk mengajak bicara agar nantinya pasar tersebut akan ramai dan mau ditempati pedagang. Selain itu di sana juga sudah ada kajian sosial ekonomi sebelum dilakukan pembangunan pasar," kata Adi.

Selain pembangunan pasar baru di tiga titik tersebut, Pemkot juga akan melanjutkan pembangunan pasar di Penjaringan Sari. Pembangunan pasar di sana masih belum selesai sehingga dilanjutkan di tahun ini.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pasar ini akan dibuat dengan konsep pasar kering.

Pasar akan dilengkapi dengan sanitas yang baik dan juga pengaturan pedagang agar menjaga kebersihan pasar.

"Untuk konsep pasar baru memang kita prioritaskan untuk pembuatan pasar kering. Supaya tidak ada lagi orang yang tidak nyaman belanja di pasar tradisional," kata Eri.

Pedagang juga akan dilatih bagaimana menjaga kebersihan serta mengoperasionalkan teknologi sanitasi yang baik di dalam pasar. Agar pasar tidak bau dan tidak kotor.

Setelah rampung dibangun tiga pasar itu akan diserahkan ke Perusahaan Daerah Pasar Surya sebagai penyerahan modal. Sebab sesuai tupoksi, DPRKP-CKTR hanya akan membangun fisik gedungnya saja.

"Selain itu kita juga akan bangun sentra PKL di Siwalankerto. Namun dengan konsep pembangunan yang ramah. Misal ada panggungnya, untuk menarik pengunjung menangah ke bawah," kata Eri.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help