Bandara Juanda

Petugas bikin Pelaku Balap Liar di Akses Bandara Tak Berkutik, Hukuman ini harus Mereka Jalani

Sembilan pelaku balap liar di Jl By Pass Pabean Bandara Juanda Surabaya tak berkutik, Minggu (14/1/2018) dini hari.

Petugas bikin Pelaku Balap Liar di Akses Bandara Tak Berkutik, Hukuman ini harus Mereka Jalani
surya/nuraini faiq
Para pelaku balap liar di akses Bandara Juanda menjalani hukuman petugas saat tertangkap Satuan Tugas Pengamanan Bandara dari TNI AL, Minggu (14/1/2018) dini hari.    

SURYA.co.id | SURABAYA - Sembilan pelaku balap liar di Jl By Pass Pabean Bandara Juanda Surabaya tak berkutik, Minggu (14/1/2018) dini hari. Mereka terkepung oleh Satgas Pengamanan Bandara Juanda yang terdiri dari sejumlah anggota TNI AL.

Meski sudah berkumpul dan siap adu cepat dan gas penuh, pebalap liar itu memilih diam. Tanpa sepengetahuan mereka, rombongan petugas berkendaraan dinas menangkapi para pebalap liar ini.

 "Mereka biasa memanfaatkan malam Minggu hingga dini hari untuk adu cepat kebut-kabutan di Pabean. Ini akses bandara. Tidak saja membahayakan tapi mengganggu pengguna jasa bandara," kata Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana.

Dini hari itu, Satgas pengamanan Bandara TNI AL Juanda menggelar operasi penertiban dan Cipta kondisi disekitar area Bandara Internasional Juanda. Sasaran utama adalah di Jalan kembar Jl By Pas Pabean Sedati Sidorjo. 

Ini adalah akses utama ke Bandara Juanda dari arah Aloha. Setiap Minggu dini hari kerapkali lokasi jalan lurus dan mulus itu dimanfaatkan pelaku balap liar untuk saling adu gas pol.

Apes bagi 9 pebalap liar dini hari tadi. Mereka diamankan Satgas Pengamanan Bandara Juanda. Pebalap liar yang rata-rata menaiki Yamaha Vixion itu sama sekali tak berkutik.

"Kami kaget ternyata sebagian besar mereka adalah usia remaja. Sekitar SMP. Namun perilaku liar ini meresahkan," tambah Bayu.

Dalam operasi tersebut petugas berhasil menangkap sebanyak 9 orang remaja. Mereka diamankan di akses jalan kembar sekiter 2 KM sebelum Temrinal 1 Bandara Juanda.

Para pelaku balap liar itu mengaku biasa memanfaatkan arena Jl By Pass Pabean Juanda untuk balapan liar.

"Saya hanya ikut-ikutan. Tapi kami hanya saling kebut. Tidak ada jokinya," ucap salah satu pebalap liar yang diamankan.

Satgaspam Bandara Juanda itu dini hari itu langsung memberi sanksi pada pebalap liar. Mereka dipaksa push up di hadapan petugas. Petugas juga mengundang dan menghadirkan para orangtua pelaku balap liar di Pos Satgaspam Bandara Juanda

"Sedang kami diskusikan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait rencana memasang garis kejut di areal itu. Ini agar pelaku balap motor liar itu tak lagi balapan," kata Bayu. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help