Berita Banyuwangi

‎Pacu Pendidikan di Pelosok, Banyuwangi Kirim Lagi 50 Sarjana Muda

Melalui program Banyuwangi Mengajar, Pemkab Banyuwangi mengirim sarjana muda ke pelosok-pelosok desa yang secara geografis sulit dijangkau.

‎Pacu Pendidikan di Pelosok, Banyuwangi Kirim Lagi 50 Sarjana Muda
surya/haorrahman
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi SDN 4 Segobang, yang menjadi lokasi pengiriman guru melalui Banyuwangi Mengajar. ‎ 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Tahun ini Banyuwangi terus memacu pendidikan di pelosok-pelosok desa. Melalui program Banyuwangi Mengajar, Pemkab Banyuwangi mengirim sarjana muda ke pelosok-pelosok desa yang secara geografis sulit dijangkau.

Tiap tahun, puluhan sarjana muda dikirim ke desa-desa dan wajib tinggal di sana selama dua tahun. Tahun ini, Pemkab Banyuwangi merekrut 50 sarjana muda.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi salah satu sekolah yang menjadi lokasi penempatan sarjana muda di program Banyuwangi Mengajar, yaitu di SDN 4 Segobang, Kecamatan Licin, Minggu (14/1/2018).

Sekolah ini terletak di lereng gunung Ijen. Dusun juga biasa dijuluki sebagai Kahyangan, karena letaknya di dataran tinggi seolah nyaris menyentuh awan.

“Ini adalah upaya transformasi SDM. Ingat, desa bukan hanya butuh dana, tapi juga butuh inspirasi yang bisa digerakkan oleh anak-anak muda ini. Mereka mengajar, berinteraksi, memberi kursus dan sebagainya. Kehadiran mereka memberi nilai tambah bagi pendidikan anak-anak di sini,” ujar Anas

Program Banyuwangi Mengajar dimulai sejak 2014. Program ini mengajak para lulusan perguruan tinggi untuk mengabdikan ilmunya dengan mengajar anak usia sekolah di wilayah pelosok Banyuwangi.

Para pengajar ini diberikan insentif bulanan secara khusus oleh Pemkab Banyuwangi.

Peserta Banyuwangi Mengajar yang ditugaskan di SDN 4 Segobang, Licin, adalah Fina Fitriani (23), lulusan Fakultas Keperawatan Universitas Jember dengan IPK 3,68.

Dia sudah mengajar selama enam bulan di sekolah tersebut.

“Mengajar dan tinggal di sini membuat saya memaksimalkan kemampuan yang saya miliki,” ujar Fina.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help