Citizen Reporter

Mari Kreatif Menulis asal Etis dan Tetap Eksis

ingin eksis boleh... mau kreatif silakan ... asal ingat, tetap etis ya ...

Mari Kreatif Menulis asal Etis dan Tetap Eksis
surya/habiburrohman
Pelatihan menulis 

Reportase Ficca Ayu Saraswaty
Mahasiswa Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

 

DI ERA digital sekarang ini, penulis dituntut untuk lebih bisa menulis secara kreatif, tanpa melupakan kaidah penulisan etis.

Dua unsur itulah yang melatarbelakangi diadakanya pelatihan Menulis Etis dan Kreatif di Era Digital yang dihelat Jasatama Pola Media dan Harian Surya, Sabtu (13/1/2018) di Aula Sabha Nugraha, Diknas Provinsi Jawa Timur, di Jalan Gentengkali 33 Surabaya.

Pelatihan penulisan yang untuk kesekian kalinya dilakukan Harian Surya itu berhasil menginspirasi sekira 70 peserta yang hadir. Terbukti dari antusias peserta yang ingin mumpuni menulis dan membuat buku.

Menghadirkan dua editor senior Harian Surya, Tri Hatma dan Andrianus Adhi, yang berbagi trik dan tip bagaimana menulis kreatif sekaligus etis untuk media cetak dan online.

Seperti yang disampaikan Agus Subekti, dari Harian Surya sebelum acara pelatihan menulis.

"Harian Surya ingin berbagi ilmu tentang menulis kepada masyarakat luas, karena manfaat literasi sangat dibutuhkan, lebih-lebih di era digital ini," ujar Agus Subekti.

Peserta pelatihan pun tak hanya dibekali dengan ilmu, peserta juga diberikan copy materi, gratis langganan Harian Surya, snack, makan siang, dan tentunya relasi baru.

Hal senada dibenarkan Ivone Andayani dari Telkom Indonesia, era digital membawa perubahan di hampir semua bidang. Siapa yang menguasai teknologi, dialah yang akan menjadi raja. 

Pun, penguasaan kemampuan dan keterampilan menulis akan bermanfaat bagi anak-anak zaman now.

Karena jurus menulis itu mudah, memenuhi unsur 5W + 1H dan jangan lupakan etika menulis, tidak mengandung unsur SARA, jelas Tri Hatma, redaktur rubrik Citizen Reporter Harian Surya.

Lalu bagaimana agar tulisan klik dengan pembaca? "Supaya tulisan jadi lebih manis harus dibumbuhi judul yang menarik biar pembaca lebih klik untuk membacanya. Tulisan untuk media online ataupun cetak itu tetap memperhatikan angle penulisan," tambah Andrianus Adi, pemateri kedua.

Pelatihan bertabur door prize pun rampung sekitar pukul 14.00 WIB dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help