Berita Tulungagung

Pernah Curi Uang Dana Desa, Dua Pelaku Spesialis Penggembos Ban Mobil Nasabah Bank Didor

Dua dari empat penjahat spesialis penggembos ban mobil nasabah bank di Tulungagung ditembak kakinya.

Pernah Curi Uang Dana Desa, Dua Pelaku Spesialis Penggembos Ban Mobil Nasabah Bank Didor
SURYA Online/David Yohanes
Anggota komplotan penggebos ban mobil nasabah bank tertatih karena ditembak kakinya. 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Dua dari empat penjahat spesialis penggembos ban mobil nasabah bank ditembak kakinya.

Keduanya adalah Salman (40), salah satu anggota komplotan asal Desa/Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan dan Budi Waluyo (50), warga Desa Sidorahayu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Salman berpedan sebagai sopir mobil KIA Picanto W 1766 SO yang digunakan mengangkut para pelaku. Sedangkan Budi bertugas mengawasi calon korban saat mengambil uang di bank. Para pelaku sempat dibawa ke lapangan, untuk menunjukkan dimana saja mereka pernah beraksi.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Mustijat Priyambodo, saat dibawa ke lokasi itulah dua pelaku berusaha melarikan diri.

"Karena berusaha kabur, petugas melumpuhkan keduanya dengan tembakan di kaki," ucap Mustijat, Sabtu (13/1/2018).

Dari hasil penyelidikan di lapangan, kawanan ini dipastikan yang mencuri uang Dana Desa (DD) milik Desa Doroampel, Kecamatan Sumbergempol.

Kejadian pada September 2017 itu, para pelaku berhasil melarikan uang Rp 50 juta yang baru saja diambil dari Bank Jatim Ngunut. Namun, polisi masih mendalami aksi kawanan ini, karena tidak menutup kemungkinan mereka beraksi di tempat lain.

Salman mengakui, komplotannya yang mencuri uang DD yang baru saja diambil perangkat Desa Doroampel. Saat itu ban belakang kiri mobil Toyota Avanza yang dipakai mengambil yang dipasangi paku khusus dari jeruji payung.

Saat perangkat itu mengganti ban, kawanan ini mengambil uang di dalamnya.

"Waktu itu dibagi rata masing-masing Rp 10 juta. Bagian saya, saya gunakan untuk membayar utang," ujar Salman.

Selain Salman dan Budi, dua anggota kawanan ini adalah Rizky Saputra (48), asal Kahuripan Nirwana Vilage Sidoarjo dan Zainudin (52), warga Kelurahan Ujung Pandang, Kecamatan Teluk, Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

Sementara seorang pelaku lainnya, F yang bertugas sebagai joki motor Suzuki Satria FU berhasil kabur. Kawanan ini ditangkap pada Jumat (12/1/2018), usai gagal beraksi.

Sebelumnya mereka akan mengambil uang seorang nasabah bank yang baru saja mengambil uang Rp 150 juta dari Bank Mandiri. Aksi mereka dipergoki oleh seorang anggota Polisi Lalu Lintas yang akan menunaikan Salat Jumat.

Penulis: David Yohanes
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help