Berita Gresik

VIDEO- Lahan Kosong di Gresik ini Diduga Jadi Tempat Pembuangan Limba B3

Polres Gresik menghentikan pembuangan dugaan limbah di lahan kosong dekat Perumahan Pondok Permata Suci (PPS).

SURYA.co.id | GRESIK - Polres Gresik menghentikan pembuangan dugaan limbah di lahan kosong dekat Perumahan Pondok Permata Suci (PPS) Desa Suci Kecamatan Manyar, Jumat (12/1/2018).

Di lahan kosong tersebut terdapat berbagai jenis sampah yang diduga jenis Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Dari pantauan Surya Online, di lokasi pembuangan limbah tersebut ada dua tempat yang dipasang garis polisce line. Jenis limbah tersebut ada yang pasir dan ada yang bekas tambang kapal dan kain bekas. Diduga ada campuran oli.

Bahkan, air disekitar limbah tersebut sudah berwarna, sehingga dikawatirkan akan mencemari lingkungan sekitar. Akibatnya, sumber air, tumbuhan dan binatang akan terkena dampak pembuangan limbah yang diduga B3 tersebut.

Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Adam Purbantoro mengatakan bahwa limbah tersebut diduga limbah B3. "Dugaan dumping limbah B3," kata Adam, kepada wartawan, Jumat (12/1/2018).

Namun, Adam bisa menjelaskan hasil penyelidikan awal setelah pemasangan police line di tempat pembuangan limbah tersebut. Sebab, jajaran Polres Gresik mengadakan kegiatan di daerah Gresik Utara. "Masih di Panceng, nanti kita jelaskan," mata Adam.

Terpisah, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Baktiar Gunawan Hutabarat, mengatakan bahwa sudah mendapatkan pengaduan masyarakat bahwa ada limbah. Sehingga , limbah tersebut sedang dilakukan uji laboratorium. "Hasil lab (Laboratoriumnya) sekitar sepekan sampai tiga Minggu lagi," kata Baktiar.

Menurut Baktiar, akibat limbah tersebut dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat secara jangka panjang. "Dampak limbah itu jangka panjang," imbuhnya.

Lihat tayanga videonya di atas!

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved