Pilgub Jatim 2018

Pengamat Politik Unair: Tak Banyak yang Mengira Gus Ipul Bisa Satukan Kombinasi 'Merah -Hijau'

Tak banyak yang tahu bahwa Gus Ipul adalah anak angkat Bu Mega yang dititipkan secara khusus oleh Gus Dur.

Pengamat Politik Unair: Tak Banyak yang Mengira Gus Ipul Bisa Satukan Kombinasi 'Merah -Hijau'
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair), Haryadi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pengamat politik Unair, Haryadi, menilai majunya Bakal Calon Gubernur, Saifullah Yusuf bersama sang wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno, di pilkada mendatang, penuh denga kejutan.

Sebelum akhirnya mendaftar di detik terakhir pendaftaran di KPU, Rabu (10/1/2018) malam, pasangan Gus Ipul-Puti telah melalui proses dinamika politik yang kompleks.

Berikut catatan Haryadi dalam rilis yang diterima Surya.co.id, Jumat (12/1/2018).

1. Dinamika kontestasi Pilgub Jatim 2018 diwarnai hentakan-hentakan politik yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Pula, tak pernah ada rujukan bandingan dengan pilgub di tempat lain ataupun pada waktu lain di Indonesia.;

2. Awalnya, Gus Ipul yang menjabat sebagai Wagub dua periode mendampingi Pakde Karwo, terkesan kuat akan mendapat tongkat estafet berupa dukungan maju dalam kontestasi Gubernur 2018 oleh Pakde Karwo. Setidaknya, hal ini konon pernah diutarakan Pakde secara langsung kepada Gus Ipul maupun kepada para Kiai khos di Jatim.

3. Beberapa kali konon Pakde berupaya menarik Gus Ipul agar masuk ke dalam Partai Demokrat (Pakde adalah Ketua DPD Jatim Partai Demokrat). Tapi selalu ditolak oleh Gus Ipul, karena merasa tetap nyaman sebagai representasi NU. Bahkan sejak awal bergandengan, posisi Gus Ipul adalah representasi NU.

4. Seiring waktu, proses Gus Ipul bersama Ketua Umum PBNU, Kiai Said Aqil Siraj, menjadi inisiator yang berperan paling utama dalam meyakinkan pemerintahan Jokowi-JK untuk menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila.

Serangkaian kegiatan seminar dan sekumpulan karya tulis di rancang oleh Gus Ipul hingga sampai pada kesimpulan bahwa hari lahir Pancasila adalah mengacu saat pertama kali istilah Pancasila dicetuskan oleh Bung Karno pada 1 Juni 1945.

Proses inilah yang menyambung-batin kan kembali antara Gus Ipul dengan Bu Mega (Ketua Umum PDI Perjuangan).

5. Tak banyak yang tahu bahwa Gus Ipul adalah anak angkat Bu Mega yang dititipkan secara khusus oleh Gus Dur. Lebih tak banyak lagi yang tahu bahwa Bu Mega lah yang membiayai pernikahan Gus Ipul dengan Mbak Fatma.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help