Citizen Reporter

Tergulung Nikmat Es Krim Gulung Thailand

Blitar memang surga es puter yang terkenal itu... namun saat es krim gulung Thailand ini datang, wow lihatlah yang terjadi ...

Tergulung Nikmat Es Krim Gulung Thailand
verwati iriani/citizen reporter
Ek krim gulung Thailand 

Reportase Verwati Iriani
Pemburu kuliner/tinggal di Blitar

 

SEBUTAN dari es krim gulung ini sejatinya adalah ice cream roll. Es krim gulung berasal dari Thailand ini yang sedang populer di Blitar. Menariknya dari es krim gulung ini adalah cara pembuatan dan penyajiannya yang digulung dari penggorengan (wajan) besar.

Jika pernah melihat bagaimana martabak dibuat, nah kira-kira seperti itulah penggorengan es krim gulung Thailand ini. Bedanya, nampan atau penggorengan es ini disebut dengan mesin fry ice cream. Mesin fry ice cream ini bisa membuat es krim gulung dengan cara diproses di atas nampan stainless berpendingin.

Jadi nampan tersebut bersuhu dingin, beda dengan nampan pembuatan martabak yang harus panas. Nampan ini didinginkan dengan suhu 18-35 derajat celcius. Dalam proses pembuatannya, bahan es krim berbentuk cair atau susu ditaruh di atas nampan, diaduk secara berulang dan harus cepat. Baru kemudian adonan ini dibentuk menggulung menggunakan spatula.

Nah, kedai pertama di Blitar yang menyediakan es krim gulung ini yakni De Eiscreme Rolle di puast Kota Blitar. Menu utama kedai ini memang es krim gulung. Kendati kedainya tidak terlalu luas, namun dekorasi kedainya terkesan unik. Dengan lantai kedai bernuansa hitam putih mirip papan catur, wallpaper lucu membuat dinding kafe terasa riuh. Jadi kafe yang sempit menjadi lebih menarik dengan tata ruang tersebut.

Banyak macam rasa dari es krim roll yang ditawarkan, dari rasa cokelat, vanila, cappucino, tiramisu, black sakura, keju, dan berbagai rasa buah. Hanya cukup merogoh kantong sebesar Rp 10 ribu saja bisa mencicipi sensasi lima gulungan es krim roll di wadah cup ukuran sedang.

Rasa buah yang ditawarkan es krim gulung Thailand ini ternyata sangat menyengat, seperti rasa buah aslinya. Bentuk gulungan es krimnya pun padat. Ingin rasa yang lebih? Tambah saja berbagai topping dengan menambah dua ribu rupiah. Tersedia topping oreo, tango, meses ceres, astor, roka, chacha, kitkat, marshmallow, dan masih banyak lagi.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help