Berita Surabaya

Maret Jembatan Ratna Dioperasikan, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jembatan itu  

Jembatan Ratna rencananya dioperasikan pada Maret 2018. Jembatan akan jadi pengurai macet arus lalu lintas Surabaya dari dua arah.

Maret Jembatan Ratna Dioperasikan, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Jembatan itu   
surya/nuraini faiq
Kondisi Jembatan Ratna menjelang pengoperasian pada Maret 2018. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jembatan Ratna rencananya  dioperasikan pada Maret 2018. Jembatan ini tidak saja pengurai macet arus lalu lintas Surabaya dari dua arah barat dan timur, namun jembatan ini menjadikan wilayah Darmo Kali dan Ngagel jadi makin cantik. 

 Sisi jembatan juga tampak hijau dan penuh taman. Begitu juga ornamen dan Infrastuktur jembatan  kelihatan cakep. Jembatan ini kelihatan gagah dan megah membelah anak sungai Kalimas.

 "Kami penasaran apakah benar-benar bisa bikin nyaman dan tidaak ada lagi macet Darmo Kali ke Ngagel. Mudah-mudahan tak lagi semrawut," ungkap Kartika Adi, salah satu pengguna jalan, Kamis (11/1/2018).

 Saat ini semua pihak baik swasta maupun Pemkot telah menuntaskan jemabatan itu. Baik Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) dan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) sudah menyiapkan operasionalnya. 

 "Nanti akan ada satu lajur untuk ruas jalan di sekitar Jembatan Ratna. Tidak ada lagi dua jalur di atas jembatan lama (Jembatan Ngagel BAT," ucap Kepala Dishub Surabaya, Irvan Wahyu Drajat.

 Meski ada jembatan Ratna, jembatan lama itu akan tetap dioperasikan. Namun akan ada banyak rekayasa lalu lintas saat Jembatan Ratna dioperasikan. Jembatan dengan panjang 36 meter dan lebar 19,4 meter itu hanya akan dilalui satu arah. 

Irvan menuturkan saat ini tengah menyiapkan manajemen rekayasa arus lalu lintas. Akan ada ujicoba dan rekayasa lalin sebelum Jembatan Ratna itu betul-betul diresmikan.

Jembatan Ratna dibangun untuk memperlancar distribusi lalu lintas dan mengurai kepadatan kendaraan dari arah barat ke timur atau sebaliknya. Dari tengah kota Jl Darmo ke Ngagel melalui Jl Bengawan.

Setiap hari Jl Bengawan menuju Darmo Kali selalu macet. Apalagi di atas jembatan lama lebih parah karena pertemuan lampu merah Marvel City atau Jl Bung Tomo.

 Dipastikan jembatan lama Nngagel BAT itu akan menjadi satu arah. Hanya Kendaraan dari barat ke timur yang boleh melintas.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved