Surya/

Lapor Cak

Banyak TKI Kembali ke Luar Negeri Usai Libur Natal dan Tahun Baru, Imigrasi Pelototi Keaslian Paspor

Seiring banyaknya TKI kembali ke luar negeri, petugas imigrasi Bandara Juanda memperketat pemeriksaan paspor TKI yang akan berangkat ke negeri tujuan

Banyak TKI Kembali ke Luar Negeri Usai Libur Natal dan Tahun Baru, Imigrasi Pelototi Keaslian Paspor
surabaya.tribunnews.com/nuraini faiq
Sejumlah TKI yang akan kembali ke luar negeri antre di gerbang imigrasi Bandara Juanda, Sidoarjo, Kamis (11/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Petugas imigrasi di Bandara Juanda, Sidoarjo, memperketat pemeriksaan dokumen calon TKI yang akan berangkat ke negeri tujuan. 

Dalam pemeriksaan dokumen ini, salah satu yang dipelototi adalah keaslian paspor

Seperti yang dilakukan Imigrasi Juanda pada Kamis (11/1/2018) pagi. Petugas mengecek dokumen calon TKI terkait keimigrasian di Terminal 2 Bandara Juanda.

"Kalau paspor resmi dan otentik, bikin nyaman TKI bekerja di negara tujuan," kata Kabid Pendaratan dan Izin Masuk Kantor Imigrasi kelas 1 Khusus Surabaya, Tatang Suharyadin.

Tatang menjelaskan, usai momen libur Natal dan Tahun Baru, umumnya banyak TKI yang kembali ke luar negeri setelah cuti beberapa pekan. Selain itu, tak sedikit pula TKI baru yang berangkat di momen yang sama. 

Tercatat dari 14 penerbangan ke luar negeri, mayoritas dipenuhi TKI. Arus balik TKI itu didominasi tujuan Malaysia, Hongkong, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

Jika biasanya jumlah TKI berangkat skitar 300-350 orang perhari, namun pada puncak lonjakan arus balik TKI pasca libur Natal dan Tahun Baru bisa mencapai 700 hingga 800 orang perhari.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help