Berita Ekonomi Bisnis

KSP Gandeng Perbankan untuk Maksimalkan Layanan Nasabah

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) memiliki peluang untuk berkembang menjadi lebih besar dengan menggandeng perbankan umum.

KSP Gandeng Perbankan untuk Maksimalkan Layanan Nasabah
surya/sugiharto
Dirut Bank Jatim, R Soeroso (kiri) berjabat tangan dengan Ketua KSP Nasari, Sahala Panggabean usai penandatanganan kerjasama dengan Bank Jatim di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (10/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) memiliki peluang untuk berkembang menjadi lebih besar dengan menggandeng perbankan umum.

Karena jumlah dana yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah, terutama pinjaman bisa mengalami peningkatan lewat linkage program, di mana perbankan bisa menyalurkan dana pinjamannya melalui KSP.

Sementara KSP atau lembaga sejenis seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) bisa menjadi agen penyalur kepada para nasabahnya yang potensial. "Kami punya jumlah anggota yang cukup besar.

"Mencapai 108.000 anggota di Jatim dan nasional hingga 1 juta. Ini yang kami tawarkan melalui kerjasama dengan Bank Jatim," kata Sahala Panggabean, Ketua KSP Nasari, di sela kegiatan penandatangan kerjasama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau Bank Jatim, Rabu (10/1/2018) di Surabaya.

Anggota KSP Nasari, merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri. Secara nasional, KSP yang pertama berdiri di Semarang ini telah memiliki jaringan kantor sebanyak 86.

Enam berada di wilayah Jatim, yaitu di Surabaya, Mojokerto, Malang, Jember, Kediri dan Madiun.

Sementara itu, Sahala menyebutkan KSP Nasari selama tahun 2017 secara nasional telah menyalurkan kredit ke anggotanya sebesar Rp 510 miliar, dengan kontribusi Jatim per Desember 2017 sebesar Rp 60 miliar.

"Fokus kredit ke anggota kami adalah bidang usaha kecil dan menengah, seperti mikro finance, dengan mekanisme solusi bersama," jelas Sagala.

Kerjasama dengan Bank Jatim ini merupakan kerjasama sejenis yang sudah dilakukan KSP dengan perbankan umum. Selain dengan Bank Jatim, KSP Nasari sudah melakukan kerjasama dengan BRI, PT Pos Indonesia dan BTPN.

Direktur Utama (Dirut) Bank Jatim, Soeroso, menambahkan, kerja sama dengan KSP Nasari adalah bagian dari upaya perbankan untuk memberi manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat, yang juga merupakan tujuan utama keberadaan Bank Jatim.

"Dengan kerja sama ini, kami siap membiayai rekan-rekan pensiunan, dengan tujuan membantu ekonomi nasional," kata Soeroso.

Terkait platform atau batasan pengajuan kredit KSP Nasari, Soeroso mengaku mengikuti mekanisme yang ada, sebab Bank Jatim mempunyai beberapa program dan platform kredit.

"Kerja sama ini bersifat timbal balik, KSP Nasari bisa memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang ada di Bank Jatim untuk pengajuan kredit dan mendapatkan fee, sedangkan Bank Jatim bisa mempunyai potensi nasabah yang begitu luas," jelas Soeroso.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help