Surya/

Berita Surabaya

Dinas Pendidikan Kota Surabaya Siapkan Guru Untuk Menyusun Soal UN dan USBN

Dindik Kota Surabaya tetap siapkan guru semua pelajaran agar bisa menyusun soal latihan siswa meski Kemendikbud membatalkan USBN SD untuk 8 pelajaran

SURYA.co.id |SURABAYA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengurungkan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD untuk delapan mata pelajaran (Mapel).

Namun, hal tersebut belum disampaikan secara resmi hingga ke daerah.

Untuk itu Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya tetap menyiapkan guru semua pelajaran agar bisa menyusun soal latihan siswa.

Kabid SD Dindik Surabaya, Agnes Warsiati menuturkan belum mendapat informasi resmi dari pemerintah pusat.

Baik Kemendikbud maupun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) belum mengumumkan ke daerah.

Karena itu, persiapan sejauh ini dilakukan tetap dilakukan untuk menyambut USBN semua mapel.

Persiapan tersebut salah satunya ialah memberikan bimbingan kepada tim penyusun soal yang telah dibentuk Dindik Surabaya.

“Tetap kami siapkan latihan guru-guru dalam memahami kisi-kisi USBN dan UN. Seandainya USBN hanya digunakan untuk tiga mapel. Soal yang disusun itu bisa untuk ujian akhir sekolah,” ungkap Agnes dikonfirmasi SURYA.co.id di Kantor Dindik Kota Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Tim penyusun soal tersebut dibentuk untuk membuat semua mapel soal. Di antaranya ialah Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, serta Pendidikan Agama.

Sedangkan wacana terbaru dari Kemendikbud adalah menggelar USBN hanya untuk tiga mapel. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help