Citizen Reporter

Kuliner MurMer 30 Menit Surabaya - Madura pp

kantong cekak namun wisata murah meriah dengan cita rasa wah banyak dipilih mereka dengan menyeberangi selat Madura menggunakan kapal feri...

Kuliner MurMer 30 Menit Surabaya - Madura pp
dokumentasi citizen reporter
ilustrasi bakso bunting 

Reportase  Cicik Tri Jayanti
Pengajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Trunojoyo Madura

 

KALAU Anda hendak bertolak ke Madura menggunakan jasa penyeberangan kapal feri dari Pelabuhan Perak menuju Pelabuhan Kamal, jangan ragu untuk menjajal kuliner di atas kapal.

Waktu bongkar muat kapal sekitar tiga puluh menit ditambah durasi penyeberangan sekitar tiga puluh menit bisa diefektifkan dengan memilih beberapa menu yang ada di atas kapal fei. Di antaranya bakso, lontong kikil, gulai sapi, gado-gado, dan aneka jus.

Berbeda dengan kebanyakan kuliner di tempat umum lainnya yang terkenal mahal dan cita rasa yang ala kadarnya, makanan di feri ini relative enak dan murah. Menariknya, pada setiap kapal penyeberangan yang berbeda, cita rasanya relatif sama, sama-sama enak dan murmer. Baik di kapal Gajah Mada, Tongkol, dan Joko Tole, semua makanan dibaderol sepuluh ribu rupiah. Sangat terjangkau bukan untuk ukuran kuliner yang ada di sarana umum.

Misalnya, dalam semangkuk bakso Pak Su di Kapal Motor Penyeberangan bernama Tongkol, terdapat lima biji pentol daging, satu goreng, dan sebiji siomay berukuran bola pingpong. Kehadiran aneka kuliner di KMP ini terus terang sangat membantu penumpang yang memiliki mobilisasi tinggi sebelum naik. Mereka dapat melepas dahaga agar mengurangi lelah sembari melihat siluet kegagahan jembatan Suramadu.

Pada liburan akhir tahun 2017 ini, beberapa penumpang mengaku menyeberang dengan mengajak keluarga untuk menyaksikan pemandangan Selat Madura dan beberapa kapal yang menyandar sembari menikmati panasnya bakso khas KMP.

Bahkan, salah seorang penumpang mengakui menyeberang bukan dengan tujuan daerah tertentu, melainkan hanya berwisata kapal seraya berkuliner.  Tentu, itu merupakan sebuah pilihan bijak dengan memilih destinasi wisata yang ramah di kantong. Pasalnya, tiket menyeberang per orang hanya Rp 5.000 dan Rp 7.000 untuk penumpang bermotor. Dengan itu pula, wisatawan tidak perlu berjejal lantaran macet.

Oleh karenanya, bagi Anda yang masih asing dengan Pulau Garam ini, boleh lah berkunjung dengan jalur laut seraya menjajal kuliner kapal yang dijamin sangat tidak mengecewakan. Tak perlu menyiapkan bekal dan selamat menjajal!

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help