Surya/

Berita Gresik

Pemkab Gresik Terinspirasi Para Siswa SD Sadarkan Masyarakat terkait Lingkungan, begini Caranya

Buku berjudul Muslim Cilik Cinta Alam Sekitar diserahkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik Sianturi.

Pemkab Gresik Terinspirasi Para Siswa SD Sadarkan Masyarakat terkait Lingkungan, begini Caranya
surya/sugiyono
BUKU LINGKUNGAN - Siswi dan Guru SD Muhammadiyah 1 Wringinanom memberikan buku tentang lingkungan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hermanto Sianturi, Senin (8/1/2018).   

SURYA.co.id | GRESIK - Siswi Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Wringinanom Kecamatan Gresik menyerahkan buku tentang lingkungan. Buku tersebut diterbitkan dari pelajaran tentang lingkungan kemudian dibukukan oleh guru.

Buku berjudul Muslim Cilik Cinta Alam Sekitar diserahkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik Sianturi.

Diharapkan buku tersebut bisa menjadi penyemangat tim dinas lingkungan hidup dalam menjalankan tugas.

Tiga siswa didampingi Kepala SD Muhammadiyah 1 Wringinanom dan pembimbing dan wali murid. Para siswa, memaparkan karya tulisnya kepada Kepala Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Gresik Hermanto Sianturi.

"Saya menuliskan tentang pohon besar yang rindang, agar disana banyak binatang tinggal disitu," kata Aeshnina Az-Zahra Aqilani, siswi kelas V SD Muhammadiyah 1 Wringinanom, Senin (8/1/2018).

Begitu juga dengan Firly Eka Zuhrina siswi SD Muhammadiyah 1 Wringinanom menulis tentang kerusakan lingkungan di darat dan di laut.

"Saya menulis tentang kerusakan di darat dan laut akibat ulah manusia. Saya menulis tentang sampah yang menyumbat saluran air," kata Firly dengan didampingi Fina Syifaussita siswi kelas IV malu-malu.

Sementara Miftahul Musdhalifah, guru pembimbing, mengatakan bahwa inspirasi lingkungan karena ingin membangun kesadaran anak-anak terhadap lingkungan. Sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, seperti terjadi banjir dan longsor.

"Memang lingkungan kami di Wringinanom itu banyak industri, kami ingin membangun kesadaran anak-anak lebih peduli lingkungan dan orang tua," kata Miftahul Musdhalifah.

Sedang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Sianturi  mengatakan kedatangan siswi ke Kantor sangat menginspirasi. Sebab, sudah menulis tentang lingkungan dan mempraktikkan cinta lingkungan di sekitar sekolah.

"Anak-anak ini sangat menginspirasi kami, mereka sangat luar biasa. Sudah menulis dan sudah mempraktikkan cinta lingkungan di masyarakat dengan menanam penghijauan di bantaran kali Brantas," kata Hermanto Sianturi.

Kunjungan siswi-siswi itu diharapkan  menginspirasi masyarakat untuk ikut serta menjaga lingkungan. Sebab, jika tidak disertai kesadaran masyarakat maka keberadaan sampah akan tersebar dimana-mana.

"Sanksi pun tidak akan mampu memberantas pembuang sampah sembarangan. Tapi membangun kesadaran masyarakat itu yang penting," imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help