Surya/

Pilgub Jatim 2018

Hari Pertama Sepi Pendaftar Pasangan Bacagub-Bacawagub Jatim, KPU malah Kedatangan Dua Pejabat ini

Masa pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dibuka pada Senin (8/1/2017), namun masih sepi pendaftar.

Hari Pertama Sepi Pendaftar Pasangan Bacagub-Bacawagub Jatim, KPU malah Kedatangan Dua Pejabat ini
surya/bobby constantine koloway
Suasan penjagaan di depan Kantor KPU Jatim, Senin (8/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masa pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dibuka pada Senin (8/1/2017). Hari pertama pendaftaran tersebut, belum terlihat bakal calon gubernur mendaftar.

Bukannya kandidat, penyelenggara pemilu justru kedatangan kunjungan Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Irjen Pol Machfud Arifin.

Machfud yang datang dengan didampingi Kepala Polisi Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan KPU di masa pendaftaran tersebut.

"Kami datang untuk melihat persiapan sekaligus mengecek pengamanan pendaftaran Bacagub dan Bacawagub di KPU Jatim," ujar Machfud kepada jurnalis.

"Saya melihat persiapan di KPU sudah sangat oke. Pengamanan anggota juga siap hingga di jalan-jalan," lanjutnya.

Kapolda meyakinkan kepada masyarakat, jika pihaknya siap mengawal proses pendaftaran.

"Aspek pengamanan, kita yakini tidak ada masalah. Kami upayakan akan ikut mengatur rombongan tim-tim pendukungnya, partai-partai pendukungnya, dan juga keseluruhan pendukungnya. Kami akan bantu sampai ke sini," tegasnya.

Ia menambahkan, rencana pengamanan tersebut akan dilaksanakan sampai dengan proses tahapan pilkada selesai. Dimulai dari tahapan pendaftaran, tahap penetapan calon, tahap pemilihan, hingga pengumuman pemenang.

"Tak hanya untuk KPU, namun pengamanan untuk Bawaslu dan juga calon-calonnya. Tugas kami melekat, kami mengawal," tegasnya.

Proses antisipasi keamanan dan ketertiban juga dilakukan dengan mengawasi media sosial. Polisi, menurutnya, telah menyiapkan tim khusus untuk memantau perkembangan media sosial dan beberapa situs.

Dari pantauan Surya.co.id, ada beberapa anggota polisi berseragam lengkap yang berjaga di sekitar KPU. Selain itu, kawat berduri juga telah disiagakan di depan kantor KPU.

Berikut videonya:

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help