Surya/

Citizen Reporter

Begini Cara Mudah agar Membaca Itu Nikmat!

masih kesulitan menemukan nikmatnya membaca? memang harus menguasai trik khusus agar membaca buj=ku ratusan halaman terasa senikmat penganan

Begini Cara Mudah agar Membaca Itu Nikmat!
pixabay.com
ilustrasi 

Reportase Aiman Bahalwan
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga/Founder Komunitas Penulis Muda Sidoarjo

 

 

MEMBACA itu nikmat, kok bisa? Ya, membaca itu nikmat bila tahu cara dan strateginya. Itulah yang disampaikan Adi Wahyu Adji dalam workshop Membaca Itu Nikmat, Selasa (26/12/2017) di Gedung ACC lt.3 ITS Surabaya.

Workshop membahas beberapa strategi yang perlu diketahui oleh siapapun agar betah membaca. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu makna dan pentingnya membaca.

Lebih rinci, pembaca harus mengetahui pentingnya membaca bahan bacaan yang akan dibacanya. Dengan begitu, akan muncul semangat dan tujuan membaca sehingga betah membaca meski harus menghabiskan ratusan halaman buku.

Selanjutnya, perlu ditahui cara efektif dalam membaca. Mengetahui skill membaca pribadi menjadi penting untuk menentukan strategi apa yang akan digunakan agar mencapai kenikmatan dalam membaca.

Untuk itu pembaca perlu mengukur kecepatan membacanya. Caranya, menghitung terlebih dahulu jumlah kata dalam satu halaman. Selanjutnya pembaca dapat mulai membaca dalam waktu dua menit.

Setelah itu, pembaca dapat menghitung kecepatan membaca dengan rumus jumlah kata dibaca dibagi dengan waktu membaca (dalam skala menit).

Selanjutnya, pembaca dapat mengukur sejauh mana kemampuan pemahamannya terhadap buku yang telah dibaca.

Ada empat tingkatan dalam membaca, yaitu dasar, inspeksi, analisa, dan perbandingan. Tahap dasar, adalah kemampuan terbatas pada mengenal huruf dan angka. Lebih tinggi lagi, tahap inspeksi sudah mengenal buku secara singkat.

Pada tahap Analisa, pembaca sudah dapat mendalami isi buku. Dan tingkatan paling atas, pembaca dapat membandingkan beberapa buku yang sudah dibaca.

Adji menambahkan teknik dasar dan menengah dalam membaca. Teknik dasar dilakukan dengan cara mengenali kata dengan cepat, meluaskan jangkauan mata, dan mempercepat gerakan mata. Sedangkan dalam teknik menengah, pembaca dapat membaca secara vertikal, menangkap ide utama, dan teknik menyapu halaman bacaan.

Melalui workshop ini diharapkan peserta mengetahui strategi membaca cepat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga menjadi solusi bagi para pembaca yang lamban dalam menyelesaikan buku yang dibacanya.

Bahkan target yang dicanangkan dalam workshop ini, peserta dapat membaca dan mereview satu buku dalam satu minggu, one week one book.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help