Bisnis

Antisipasi Berkembanganya Fintech, Perbarindo Gandeng Ditjen Dukcapil

Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia atau Perbarindo mengantisipasi berkembangnya tren financial technology atau Fintech

Antisipasi Berkembanganya Fintech, Perbarindo Gandeng Ditjen Dukcapil
ist/pymnts.com
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia atau Perbarindo mengantisipasi berkembangnya tren financial technology atau Fintech yang berbasis internet. 

Perlu diketahui, Fintech adalah jenis inovasi pembiayaan keuangan dengan memanfaatkan dukungan teknologi internet. 

Untuk mengantisipasi fintech tersebut, strategi Perbarindo adalah dengan memperketat data nasabah.

Hal itu dilakukan dengan cara menggandeng Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil dalam menyiapkan data yang lebih efektif. 

Ketua Umum Perbarindo, Joko Suyanto, mengatakan langkah ini menjadi langkah awal untuk Perbarindo dalam mengikuti trend fintech di tahun 2018 ini.

"Keberadaan fintech di Indonesia tidak bisa dipungkiri sudah menjadi tren. Dan semuanya akan mengarah ke situ," kata Joko, di sela kegiatan penandatangan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri di Surabaya, Senin (8/1/2018).

Sebagai tahap awal, kerjasama dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri, dilakukan untuk layanan berbasis data kependudukan yang ada di Dukcapil melalui e-KTP (Kartu Tanda Penduduk elektronik) yang sudah memiliki nomor induk nasional bagi individu warga.

"Hari ini adalah bagian dari upaya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menghadapi dinamika ekonomi yang mengarah ke digital bisnis," tambah Joko.

Kerja sama dengan Ditjen Dukcapil merupakan pintu masuk atau awal menuju digital bisnis, yang diharapkan ada identitas tunggal nasabah dan sidik jari.

Selain dengan Ditjen Dukcapil, dalam acara tersebut, Perbarindo juga mengembangkan kerjasama dengan Bank Mandiri terkait penyediaan layanan digital berupa co-branding dan e-cash BPR.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help