Berita Pendidikan Surabaya

43 Politeknik Negeri bakal Serentak Buka Jalur PMDK, Pendaftaran via Online, ini Jadwalnya 

Politeknik negeri se-Indonesia bakal membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur yang dibuka pertama kali adalah Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

43 Politeknik Negeri  bakal Serentak Buka Jalur PMDK, Pendaftaran via Online, ini Jadwalnya 
surya/sulvi sofiana
Rapat koordinasi peningkatan kualitas PMDK-PN, Senin (8/1/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Politeknik negeri se-Indonesia bakal membuka penerimaan mahasiswa baru. Jalur yang dibuka pertama kali adalah Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Sebanyak 43 politeknik negeri serentak membuka pendaftaran pada 15 Januari mendatang.

Ketua Pelaksana PMDK Politeknik Negeri, Rusminto Tjatur Widodo mengatakan, untuk memfasilitasi lulusan-lulusan pendidikan menengah terbaik diperlukan proses pendaftaran yang mudah dan efisien. Pendaftaran online, sehingga pendaftar tidak perlu datang ke politeknik.

"Kecuali politeknik negeri yang sulit terakses jaringan, seperti Politeknik Negeri Nusa Utara, Sulawesi, atau Politeknik Negeri Fakfak, Papua," jelas dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini di sela rapat koordinasi peningkatan kualitas PMDK-PN, Senin (8/1/2018).

Di politeknik tersebut, lanjutnya, pendaftar bisa datang ke kampus dan dibantu entri data oleh petugas setempat.

Terkait kuota mahasiswa jalur PMDK Secara nasional, Rusminto mengaku belum mengetahui jumlahnya, termasuk daya tampung.

Sebab, tahun ini masih belum ada kesepakatan antar Direktur Politeknik Negeri. Namun, tahun lalu jumlah pendaftar mencapai 200.000, meskipun tiap PN hanya memberi kuota 50 persen dari kuota total kampusnya.

"Semua diserahkan ke masing-masing politeknik negeri," jelasnya.

Sementara di PENS, kuota jalur PMDK juga belum ditentukan. Namun, kata Rusminto, dalam 4 tahun terakhir kuota jalur ini sebesar 50 persen dari total daya tampung mahasiswa baru.

"Tahun ini daya tampung mahasiswa baru PENS sebanyak 750. Itu akan terbagi ke jalur PMDK, tes tulis, dan jalur mandiri," katanya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help