Citizen Reporter

Terbanglah Tinggi Balon Cita-cita, Jauuuh Tinggi di Langit Pacitan

trauma itu perlahan mulai sirna dan yang tersisa adalah harapan baru untuk anak-anak Pacitan seiring balon yang terbang kian tinggi ...

Terbanglah Tinggi Balon Cita-cita, Jauuuh Tinggi di Langit Pacitan
muammal jasin/citizen reporter
Anak-anak menempelkan cita-cita mereka di balon 

Reportase Muammal Jasin
Pegiat Literasi

 

MASIH segar dalam ingatan, kejadian 28 November 2017. Pacitan tenggelam dalam air bah selama berhari-hari. Tidak hanya tenggelam, banyak rumah warga yang roboh karena terjangan air sungai yang meluber akibat curah hujan yang cukup tinggi.

Kejadian itu pun terekam di memori anak-anak Pacitan, bahkan tidak sedikit yang menyisakan trauma mendalam akibat peristiwa itu.

Jumat (5/1/ 2018) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Jawa Timur menggelar Panggung Semangat, Pacitan Bangkit di SMPIT Arrahmah Pacitan.

“Kegiatan ini untuk menghibur dan menghilangkan trauma anak-anak Pacitan yang menjadi korban banjir,” jelas Muammal, Ketua Bidang Sosial Kemanusiaan JSIT Wilayah Jawa Timur.

Muammal menambahkan, mereka memotivasi anak–anak Pacitan untuk bangkit dan terus melangkah menggapai mimpinya.

Anak–anak diminta memejamkan mata lalu membayangkan dan menuliskan semua hal yang menjadi penghambat mimpi mereka, termasuk trauma yang mereka rasakan setelah banjir. Begitu waktu yang diberikan habis, kertas yang berisi hambatan mimpi itu diremas-remas sampai tidak dikenali wujudnya.  Dan dalam hitungan tiga para siswapun beramai-ramai melemparkannya ke panggung.

Eskspresi puas dan plong Nampak dari wajah mereka. “Seneng banget rasanya, bias meremas-remas penghambat mimpiku dan melemparkannya jauh-jauh,” ungkap siswa SDIT Arrahmah kelas enam yang mengaku saat banjir rumahnya tenggelam sampai setinggi pintu.

Sesi berikutnya panitia mengajak para siswa menuliskan cita–cita dan harapan yang hendak diraih, kemudian menempelkannya pada balon yang sudah disediakan panitia.

Halaman
12
Editor: Tri Hatma Ningsih
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help